Harga Listrik Bisa Murah jika Mengoptimalkan PLTN

0
3296
PLTN Indonesia

Smeaker.comHarga listrik di Indonesia yang beberapa waktu ini terus mengalami kenaikan untuk pelanggan diatas 900 Va. Salah satu penyebabnya adalah pemerintah mencabut subsidi listrik untuk beberapa golongan pelanggannya. Namun harga listrik di Indonesia bisa murah jika mengoptimalkan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) yang belum begitu dioptimalkan.

Gusti Muhammad Hatta selaku Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristik) menuturkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat berpotensi untuk membangun pembangkit listrik yang menggunakan tenaga nulir. Pasalnya potensi penggunaan nuklir cukup terbuka lebar untuk Indonesia.

Kemenristek di acara Hari Listrik Nasional di PLN Pusat, Jakarta (09/10/2014) tersebut juga menyatakan bahwa alasan belum terealisasinya potensi penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tersebut dikarenakan banyak pihak yang memang tidak menginginkan Indonesia menjadi lebih pintar dan Maju. Dia menuturkan kemungkinan tersebut mungkin dikarenakan takut usahanya yang terganggu jika Indonesia menjadi pintar.

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam Uranium yang dapat dijadikan sumber tenaga nuklir di Indonesia. Saat ini potensi tersebut terus dikelola dan dikembangkan melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) yang tengah dilakukan pengkajian di wilayah Bangka.

Jika pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut dapat terealisasi dan berhasil dikembangkan maka tidak menutup kemungkinan dan dapat dipastikan harga jual listrik dari PLTN lebih murah per Kwh nya dibandingkan dengan pembangkit listrik yang telah ada di Indonesia saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here