Keren Abis, Fitur Baru Microsoft Ini Bisa Deteksi Malware di PC Kamu Lho!

0
667
copyright©redmondmag

Windows Analytics, Fitur Baru Microsoft yang Bisa Deteksi Malware di PC

Smeaker.com – Malware berbahaya belakangan ini memang cukup meresahkan. Untuk itu Microsoft baru saja merilis fitur untuk mendeteksi keberadaan malware berbahaya seperti Meltdown dan Spectre pada perangkat. Fitur tersebut di sematkan dalam aplikasi Windows Analytics yang sering di gunakan para programmer untuk mendeteksi perangkat mereka.

Menurut Executive Vice President Windows and Device Group, Terry Myerson, fitur baru ini bakal memungkinkan Analystics memeriksa kondisi firmware pada perangkat. Setelah iti, Analytics akan memberikan notifikasi mengenai keadaan perangkat serta langkah apa yang harus di lakukan.

Tool Windows Analytics bersifat add-on dan bisa di pasang di komputer Windows dengan mendaftar terlebih dahulu.

Baca juga: Microsoft Kini Punya Aplikasi Photos, Seperti Apa?

Tak hanya bisa mendeteksi status firmware, fitur Windows Analytics ini juga meningkatkan layanan yang sudah ada seperti fitur untuk memeriksa kompatibilitas antivirus dan keamanan pada sistem operasi Windows.

Di lansir dari Blog resmi Microsoft pada Senin, 19 Februari 2018, Terry Myerson menambahkan jika fitur ini kompatibel dengan sejumlah sistem operasi Windows populer, misalnya Windows 7,8 dan 10. Bahkan baiknya lagi layanan ini dapat di manfaatkan secara gratis.

Kemunculan Meltdown dan Spectre pada Januari 2017 lalu memang menjadi sumber masalah bagi keamanan perangkat. Pasalnya keberadaan celah ini memungkinkan sejumlah orang mencuri informasi yang terdapat pada perangkat yang bisa jadi informasi tersebut adalah informasi rahasia dan tentu ini sangat meresahkan.

copyright©SpectreWindows

Celakanya lagi, perangkat yang sudah terlanjur terinfeksi dua malware tersebut tidak dapat di perbaiki. Untuk memasang tambalan luban g keamanan ini juga tidak mudah, tidak semua orang mengerti dan tahu cara melakukannya.

Baca juga: Ada Bug Berbahaya di Skype, Microsoft Kok Gak Mau Perbaiki?

Dengan adanya tool ini, Microsoft berharap pengguna bisa dengan mudah mengidentifikasi dan meminimalisir penyebaran infeksi Meltdown dan Spectre.

Pasalnya Analitycs akan rutin memberikan saran kepada para pengguna tentang cara meningkatkan keamanan agar perangkat tidak terjangkit Meltdown dan Spectre yang tentu akan membuat informasi penting Anda di curi oleh orang bahkan di gunakan untuk hal-hal yang negative.

Nggak mau kan? Fitur Windows Analytics  ini perlu kamu coba lho.

     Baca juga Microsoft Launcher versi Android Terima Pembaruan Berbekal Integrasi Cortana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here