Rencana Besar Intel, Bikin Harddisk Punah?

0
1920
Cara Memperbaiki Harddisk Corrupt
Copyright©Jalantikus

Intel Akan Hempaskan Harddisk, Hadirkan Optane SSD dan Cloud Storage?

Smeaker.com – Saat ini Harddisk masih menjadi pilihan utama bagi yang ingin memiliki PC dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Namun harus diakui memang bahwa SSD sudah menjadi incaran bagi yang ingin memiliki performa kencang.

Namun ternyata, pihak Intel sendiri memiliki sebuah rencana besar berhubungan dengan trend media penyimpanan ini. Mereka kabarnya akan membuat Harddisk punah, SSD tergeser dan mengganti local storage di PC dengan Optene SSD untuk system dan cache file yang sering diakses serta dikombinasikan dengan cloud storage untuk backup dan penyimpanan data.

Semakin cepat dan murahnya internet, serta trend cloud yang terus meroket membuat kombinasi ini pun bukan menjadi hal yang mustahil untuk dicipatkan intel. Benarkah Harddisk akan punah?

Baca: Jaga Privasi, Begini Cara Memasang Password Harddisk di Windows!

Oke, mungkin para pembaca akan protes mengenai internet murah dan cepat, namun percayalah bahwa dimasa mendatang, kedua hal tersebut mungkin saja akan terjadi. Namun ternyata rencana yang diambil oleh Intel tersebut bukan berarti berjalan mulus.

Apalagi bagi kita Negara berkembang, setidaknya rencana ini akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk terealisasi dan sulit untuk bisa merata disemua kalangan.

Harddisk
copyright©Youtube

Membuat Harddisk Punah, Bagaimana Caranya?

Sebenarnya, tanpa kamu sadari popularitas dari Harddisk ini secara perlahan sudah mulai digrogoti oleh SSD. Laptop menengah keatas saat ini pun juga sudah jarang mengunakan Harddisk konvesional. Mayoritas sudah dibekali dengan SSD meskipun kapastiasnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Harddisk biasa.

Baca: Mudah Kok, Begini Cara Memperbaiki Harddisk Corrupt!

Namun untuk berformanya sendiri dan hemat energy yang ditawarkan, membuat hamper semua varian laptop menengah keatas tak lagi memilih untuk memakai Harddisk demi SSD.

Optane SSD
copyright©Winpoin

Optane SSD ini merupakan teknologi terbaru dari Intel yang memberikan kecepatan sampai 10x lebih cepat dari SSD saat ini. Bahkan, Optane SSD ini dikalim intel akan mengantikan SSD dan DRAM yang ada saat ini.

R encana besar Intel adalah menggeser Harddisk dan SSD saat ini dengan kombinasi Optane SSD + Cloud Storage. SSD yang ada saat ini akan digeser fungsinya untuk keperluan penyimpanan data di cloud storage, dan Harddisk konvensional digeser lagi agar semakin punah.seiring dengan berjalanya waktu, Intel akan membuat Optane SSD jauh lebih cepat dan juga powerful serta dekat dengan CPU. Intel juga akan menjadikanya sebagai media penyimpanan mainstream da tentu dengan harga yang cukup terjangkau.

Optane SSD
copyright©Techspot

Lantas kapankah Optane SSD tersebut akan terealisasi?

Intel tak menyatakan kapan mereka ingin visi ini menjadi kenyataan namun ada hal yang asti bahwa mereka akan menjadi target penjang terbuka intel. Adapun dari ranah consumer sendiri ini masih menjadikan SSD Sebagai solusi idola untuk PC dan laptop yang ingin performa kencang, dan Harddisk konvensional yang ingin kapasitas besar. Suatu saat, trend mungkin akan berubah, dimana Optane SSD akan jadi pilihan untuk kecepatan, dan SSD saat ini jadi pilihan untuk kapasitas besar.

baca juga !

Pertama Di Dunia, Harddisk Toshiba dengan Kapasitas 14TB dan 9-Disk Helium!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here