Ratusan Akun Media Sosial Dinonaktifkan, Facebook Paling Banyak?

0
912
Akun Media Sosial
copyright©Tribun

Ratusan Akun Media Sosial Ini ‘Dimatikan’, Kenapa?

Smeaker.com – Belum lama ini petubas siber Polresta Jambi telah menonaktifkan ratusan Akun Media Sosial. Tindakan yang dilakukan oleh pihak petugas siber Polresta Jambi tersebut pun bukan tanpa alasan. Pasalnya akun-akun tersebut isinya mengarah pada ujaran kebencian.

Adapun Kasat Reskrum Polresta Jambi yakni Komisaris Polisi Yuda Lesmana mengatakan bahwa seluruh akun di media social selalu dipantau oleh tim cyber agar tak ada ujaran kebencian di media social yang viral.

Semenjak Januari 2018 hingga saat ini, pihak Siber Polresta Jambi telah menonaktifkan ratusan Akun Media Sosial. Sebut saja seperti di Facebook, Instagram, dan juga Twitter. Dari media social yang disebutkan tersebut ternyata Akun Media Sosial Facebook lah yang paling banyak dinonaktifkan oleh tim Siber Polresta Jambi.

Baca: Terjadwal! Instagram Rilis Fitur Baru Scheduled Untuk Jadwalkan Posting

Anggota Siber Polresta Jambi pun tak hanya bertugas focus memantau media social saja, namun juga berbagai informasi lainya yang ada di medsos juga akan dipantau. Terkait dengan adanya Pilkada seretak pada 2018, tim Siber Polresta juga melakukan pemantauan Akun Media Sosial yang berkaitan dengan hal ini.

Akun Media Sosial
copyright©bintang

Polresta Jambi pun meminta kepada para pengguna medsos untuk lebih bijak dalam menggunakan media social mereka dan untuk itu pula tim siber juga akan terus mengawaso medsos selama 24 jam. Berbicara mengenai Akun Media Sosial Facebook, ada sebuah laporan terbarunya bahwa Facebook mengatakan terdapat 200 Juta akun palsu atau klonningan di platform mereka.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar rupanya  berasal dari Negara berkembang termasuk Indonesia. Per 31 Desember 2017 lalu, pengguna aktif bulanan Facebook diperkirakan sekitar 2,13 miliar dan naik 14 persen dari 31 Desember 2016.

Baca: Yeay! Instagram Stories Akan Menunjukkan Kemampuan Barunya, Pinch

Pada 31 Desember 2016 jumlah pengguna aktif per bulan Facebook sekitar 1,86 miliar dan 6 persen diantaranya atau sekitar 114 juta aku adalah akun palsu. Menurut laporan Facebbook bahwa India, Indonesia dan Vietnal lah yang memiliki persentasi akun duplikat yang lebih tinggi dari Negara maju .

Mengenai keberadaan dari akun kloningan ini, Facebook menjelaskan ada dua alasan dibaliknya yakni pertama untuk urusan bisnis dan yang kedua untuk melakukan kerusakan seperti spamming.

baca juga !

Ini Dia! Cara Menghapus Postingan Lama di Sosmed Dengan Sekali Klik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here