Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Idul Adha

0
4122
Harga Kebutuhan Pangan

Smeaker.comHarga kebutuhan pokok naik jelang idul adha yang tinggal menghitung hari ini. Beberapa kebutuhan pokok tersebut menunjukkan kenaikan harga yang signifikan dikarenakan tingginya permintaan akan barang tersebut mendekati hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu, 05 Oktober 2014 mendatang.

Kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok tentunya akan mempengaruhi kebutuhan pangan Indonesia karena tidak menutup kemungkinan harga kebutuhan lainnya juga akan ikut merangkak naik. Beberapa kebutuhan pokok yang terpantau naik harga diantaranya adalah cabai merah keriting, wortel impor dan kentang.

Dilansir dari salah satu media online, salah satu pedagang di pasar Kebayoran Lama yakni Imam menyatakan bahwa harga cabai merah keriting merangkak naik dan menembus angka Rp 35.000 per kg dari harga jual sebelumnya yang hanya Rp 25.000 per kg. Kenaikan harga yang signifikan sebesar Rp 10.000,- per kg tersebut terjadi secara bertahap mulai dari tiga hari yang lalu.

Selain harga cabai merah keriting yang melambung, kenaikan harga kebutuhan pokok juga dialami wortel impor. Imam menyebutkan bahwa harga wortel impor naik menjadi Rp 15.000 per kg dari harga jual sebelumnya yakni Rp 12.000,- per kg. Kenaikan wortel impor tersebut terpantau Rp 3.000,- per kg.

Selain harga cabai merah keriting dan wortel impor yang naik jelang hari raya haji, para pedagang pasar tradisional Kebayoran Lama juga menyebutkan bahwa harga kentang juga mengalami kenaikan Rp 1.000 per kg. Harga kentang saat ini mencapai Rp 11.000 per kilogram dari harga sebelumnya yakni Rp 11.000 per kg. Para pedagang menyebutkan bahwa harga dari agennya ( Pasar Induk Kramatjati ) sudah mahal.

Sementara pedagang lain di pasar yang sama yakni Sadiyah, membenarkan bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok tertinggi saat ini dialami oleh cabai merah keriting. Selain itu harga komoditas pangan lainnya masih dalam taraf stabil. Salah satunya adalah harga terong yang stabil pada Rp 7.000 per kg, Oyong pada harga Rp 8.000 per kg, Brokoli dengan harga jual Rp 20.000 per kg juga kembang kol pada harga Rp 15.000 per kilogramnya.

Kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut memang dikarenakan tingginya permintaan jelang hari raya idhul adha. Kemungkinan harga kebutuhan pokok tersebut akan kembali stabil setelah hari raya idul adha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here