Jaringan Gas Rumah Tangga Kini Tembus Angka 73.000

0
1513
Jaringan gas Rumah tangga

Smeaker.com – Pada tahun 2009 yang lalu jika kita masih ingat bahwa pemerintah telah berencana untuk dapatnya merealisasikan untuk dapat membangun jaringan distribusi gas bumi yang diperuntunkan untuk rumah tangga atau yang lebih dikenal dengan jaringan gas (Jargas) kini dikabarkan telah menembus angka 73.000.

Jargas sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan serta pemanfaatan gas bumi. Disisi lain hal ini juga diharapkan mampu meminimalisir serta menekan subsidi BBM dan juga melatih para masyarakat untuk penggunaan energy yang lebih bersih dan layak.

Dan pada rumah susun di daerah Jabodetabek, Kementrian ESDM cq. Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi berhasil menggandeng PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) yang tahap perealisasiannya pun terhitung pada tahun 2011 berhasil memasang sambungan Jargas sebanyak 5.234 rumah tangga. Kini jaringan gas rumah tangga tembus angka 73.000.

Rencana untuk lebih mempercepat pamanfaatan Gas Bumi Sektor Rumah Tangga yang memang dikhususkan untuk penggunaan di Rumah tangga memanglah ide cemerlang dari Kementerian ESDM Bersinergi yang bekerja sama dengan Pemprov DKI dan PGN.

Upaya penyambungan Jargas ini memang telah direalisasikan sejak tahun 2011 yang lalu dan dimulai pada rusun di kawasan Jabodetabek. Dan total pencapaian 5.234 tersebut juga disebutkan bahwa terdiri dari Rusun Tebet Berlian (120 SR), Tebet Harum (320 SR), Tzuchi (1.055 SR), Cinta Kasih (582 SR), Flamboyan (560 SR), TNI AL (95 SR), Marunda (700 SR), Sukapura (100 SR), Tipar Cakung (1.000 SR), Manis Jaya (382 SR) dan Menteng Sari (320 SR).

Pihak Kementrian ESDM yang diwakili oleh Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro menjelaskan bahwa penyaluran Jargas Rumah Tangga pada rusun Marunda ini merupakan langkah awal untuk dapat memaksimalkan Jargas di rusun Jabodetabek. Dan untuk kedepannya pihak PGN sendiri menjanjikan akan memperluas pengoperasian Jaringan Gas rumah tangga untuk rusun – rusun yang lainnya.

Dengan upaya ini diharapkan masyarakat rusun Marunda dapatnya memanfaatkan yang memang lebih ekonomis, murah, ramah lingkungan dan juga aman pastinya. Ditjen Migas pun menyampaikan pendapatnya bahwa Sinergi ini merupakan kunci terpenting demi lancarnya pemanfaatan gas bumi dengan waktu yang cepat yang memang sedang diupayakan oleh pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here