Berikut Bocoran Kenaikan Harga BBM dari Tim Transisi Jokowi-JK

0
3133
Harga BBM Subsdi

Smeaker.com – Kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM ( Bahan Bakar Minyak ) memang bukan menjadi rahasia lagi. Berita tersebut memang kian santer terdengar menjelang berakhirnya pemerintahan lama SBY-Boediono ke pmerintahan baru Jokowi – JK pada tahun ini.

Kebijakan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak tersebut memang terpaksa di naikkan oleh pemerintah untuk menyelamatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Indonesia yang terus mengalami defisit. Namun jika kenaikan harga BBM benar benar terealisasi berapakah besar kenaikannya ? inilah penuturan terkait kenaikan harga BBM dari tim transisi Jokowi-JK.

Arif Budimanta selaku Anggota Kelompok Kerja APBN ( Anggaran Pendapatan Belanja Negara ) dari Tim Transisi Jokowi – JK menuturkn bahwa saat ini tim transisi masih menjalankan simulasi model pengalihan subsidi BBM. Hal ini dilakukan untuk mengetahui besaran kenaikan dan model kenaikan dari harga BBM kelak.

Arif menyampaikan bahwa persoalan pengalihan subsidi khususnya BBM hingga saat ini masih dilakukan simulasi dikarenakan dampak atau akibat proses pengalihan harus dilakukan persis berapa kenaikan harga yang akan dipilih.

Disebutkan pula bahwa ada dua model kenaikan harga BBM yang hingga saat ini sedang disimulasikan yakni model subsidi tetap dan model kenaikan harga secara bertahap. Model subsidi tetap atau kenaikan gradual rendah dapat menimbulkan dampak inflasi yang akan rendah.

Model subsidi tetap dipatok atau ditetapkan dengan angka tertentu sehingga harga BBM subbsidi dapat berubah – ubah jika nantinya terjadi perubahan kurs dan kenaikan harga minyak.

Sementara untuk model kenaikan harga bertahap lebih diharapkan agar dampak terhadap inflasinya akan kecil. Hal ini diharapkan dapat mencegah peningkatan kemiskinan di Indonesia. Karena kemiskinan selalu timbul karena adanya kenaikan inflasi yang terus meningkat.

Untuk diketahui bahwa defisit neraca perdagangan dengan jumlah yang paling besar adalah jumlah impor minyak mentah yang terlampau besar di negara ini. Dengan kenaikan harga BBM maka diharapkan konsumsinya akan berkurang sehingga kebutuhan untuk impor minyak mentah juga dapat berkurang yang secara otomatis defisit anggaran negara juga ikut berkurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here