Diprediksi Kehabisan BBM, Apakah Langkah Jokowi-JK ?

0
4984
BBM ( Bahan Bakar Minyak )

Smeaker.comBBM atau Bahan Bakar Minyak secara tidak disadari mulai menjadi kebutuhan primer bagi para masyarakat karena segala kegiatan harian yang dilakukan sangat membutuhkan BBM untuk sarana transportasi. Lalu apa jadinya jika tidak ada BBM ??

Pertanyaan yang simple namun efeknya fantastis. Mungkin bisa – bisa kehidupan akan berhenti sejenak, namun pastinya masyarakat sangat menyayangkan jika memang itu terjadi. Karena beberapa waktu yang lalu jika anda masih ingat, Indonesia lagi – lagi diserang dengan kelangkaan BBM.

Dan pihak pemerintah pun memang sempat merencanakan bahwa BBM bersubsidi memang direncanakan dan dibatasi yang pada APBN-Perubahan 2014 mencapai 46 juta kilo liter (kl) diklaim mampu melampui batas atau over kuota apabila para pemerintah tidak melakukan upaya apa – apa.

Dilansir sebuah halaman, menurut sebuah laporan dari PT Pertamina (Persero), jika begini terus dampak yang akan timbul adalah Premium dan Solar subsidi  akan habis terhitung awal bulan dan pertengahan Desember 2014 mendatang.

Namun salah satu menteri yakni menteri keuangan Chatib Basri juga menjelaskan bahwa dalam permasalahan kuota BBM bersubsidi ini memiliki tiga opsi jalan keluar yang bisa direalisasikan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Langkah pertama Jokowi-JK jika kehabisan BBM yang mungkin dapat dilakukan adalah menerbitkan peraturan baru yang merupakan pengganti perundang – undangan (Perpu) yang menjelaskan untuk penambahan kuota BBM. Dan langkah kedua yang bisa juga dilakukan adalah melakukan revisi terhadap APBN-P 2014. Langkah terakhir menurut Chatib Basri yang bisa dilakukan adalah mengadakan pasal darurat dalam APBN.

Sang menteri pun nampak menyesali dengan terbentuknya APBN-P 2014 yang menyatakan bahwa DPR telah memutuskan resmi mengunci kuota BBM hanya sebesar 46 juta kl. Padahal sebelumnya Chatib Basri juga sudah mengingatkan agar tidak dilakukan penguncian.

Kita sebagai masyarakat hanya bisa berdoa dan berharap bahwa pak Jokowi – JK mampu menyelesaikan masalah BBM ini sehingga pada waktu yang diklaim akan habisnya BBM tidak akan pernah terjadi, karena BBM juga salah satu faktor terpenting untuk kehidupan khususnya rakyat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here