Investor Jerman Lirik Pembangkit Listrik di Medan

0
5341
Pembangkit Listrik Medan

Smeaker.com – Para investor jerman kini mulai melirik untuk berinvestasi dibeberapa sektor di Medan salah satunya adalah di sektor pembangkit listrik. Setelah sebelumnya negara Korea dan perancis yang tertarik untuk berinvestasi di ibukota propinsi Sumatera Utara tersebut. Kini pemerintah Jerman yang merupakan partner dagang dari Indonesia mulai meningkatkan kerja sama dibeberapa sektor.

Pembicaraan antara Dubes Jerman untuk Indonesia yakni Georg Witshel dan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST di rumah Dinas Gubernur Sumut, di Medan. Saat itu Dubes Jerman menyebutkan sebagai negara eksportir terbesar dunia setelah China, Jerman cukup tertarik untuk berinvestasi diberbagai bidang diantaranya konseling, pembangunan sistem angkutan massal serta pertukaran pelajar ataupun tenaga ahli diberbagai bidang. Beberapa investor Jerman juga lirik pembangkit listrik di Medan.

Dubes Jerman tersebut juga menyebutkan bahwa peluang kerjasama dan investasiJerman dan Indonesia didaerah lain seperti Medan cukup bagus. Pasalnya selama ini kerjasama Indonesia dan Jerman atau investor Jerman hanya berkutat didaerah Jakarta dan Jawa saja.

Pihak Jerman menawarkan kerjasama di bidang transportasi yakni untuk transportasi massal perkotaan. Untuk itu sebelumnya pihak Jerman ingin melakukan studi pendahuluan dahulu terkait pola pembangunan transportasi di Ibukota propinsi Sumatera Utara tersebut. Sehingga nantinya akan mendapatkan model dan pola transportasi massal kota yang tepat dan cocok di Medan.

Namun yang lebih menarik lagi selain dibidang transportasi massal perkotaan, Georg Witshel mengaku tidak akan menutup kemungkinan akan berkerja sama dengan pemerintahan kota Medan dalam sektor pembangkit listrik di kota tersebut. Apalagi saat ini di kota Medan telah menerapkan pengolahan limbah menjadi energi listrik namun dengan peralatan dari China meskipun hal tersebut merupakan hasil jalinan kerja sama dengan Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here