Wow, Ini Dia ‘MyLifi’ Lampu Pemancar Internet!

0
179
Copyright©CNet

MyLifi, Lampu Pemancar Internet dengan Kecepatan 23 Mbps!

Smeaker.com – Adanya kabar mengenai Lampu Pemancar Internet ke laptop ini sebenarnya bukanlah sebuah hal yang baru. Namun meskipun bukan inovasi terbaru namun Oledcomm sepertinya memanfaatkan CES 2018 untuk meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama MyLifi.

MyLiFi ini sendiri adalah keluaran perusahaan Prancis yang mana menggunakan cahaya dari lampu pintar untuk menghantarkan internet broadband ke laptop kamu. Perangkat yang satu ini pun juga menjanjika kecepatan internet hingga 23 Mbps atau lebih cepat dari koneksi Radio WiFi.

Oledcomm membeberkan bahwa MyLiFi ini adalah mapu light emitting diode alias LED yang menyediakan akses internet nirkabel melalui cahaya yang aman. Perusahaan juga akan mendemonstrasikan produknya di CES 2018 yang merupakan pameran dagang teknologi besar di Las Vegas.

Baca: Berikut Cara Gunakan Kuota 4G di Smartphone 3G

Oledcomm juga berencana untuk meluncurkan kampanye Kickstarter pada bulan Januari dan akan menetapkan harga pre-order sebesar $500 atau setara dengan Rp 6,7 Juta. Lampu Pemancar Internet atau MyLiFi ini sendiri adalah kependekan dari Light Fidelity (referensi dari wireless fidelity di WiFi dan ini pun memungkinkan perangkat seluler bisa terhubung dengan lampu LED ini.

Lampu Pemancar Internet
Copyright©kickstarter

MyLifi ini menstransmisikan data dengan memodulasi sinyal cahaya dari bola lampu LED. Prosesnya pun tak terlihat oleh mata manusia dan sudah ribuan orang menggunakanya di Prancis dimana rata-rata kecepatan WiFinya sekitar 10 megabit per detik.

Sinyal cahaya yang diterima dan diubah menjadi data oleh dongle yang terhubung ke perangkat dan dongle harus berada di garis pandang lampu. Teknologi ini sebelumnya telah digunakan untuk keperluan business to business seperti membantu navigasi tuna natera dalam system transportasi umum, mentransmisikan informasi medias di rumah sakit dan mengukur waktu perjalanan di gang supermarket.

Baca: Yuk Simak, Begini Cara Menghindari Penipuan Phishing di Internet!

Lampu Pemancar Internet ini menggunakan 13,5 watt energy dan ini pun sangat kecil jika dibandingkan dengan router WiFi yang mencapai 20 watt. Kamu bisa mengontrolnya dengan menggunakan aplikasi web atau smartphone dan mengubah intensitas cahaya atau pencahayaan dan juga waktu log off.

Selain itu koneksi pun menjadi jauh lebih aman karena sinyal LiFi menggunakan cahaya tampak dan tak dapat melewati dinding sehingga akan lebih sulut untuk meretas koneksi internet perusahaan tanpa menyerang firewallnya.

Oledcoom mencatat bahwa Lampu Pemancar Internet ini menawarkan alternative gelombang radio dan elektromagnetik, kecepatan upload pun juga mencapai 10 Mbps sedangkan kecepatan downloadnya mencapai 23 Mbps sementara bobo tampu ini sekitar 6,3 Kg.

baca juga !

Lebih Mudah! Ini Dia Cara Aktifkan Tethering Pada Smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here