Rentan Spectre dan Meltdown, Apple Beri Pembaruan ke iOS dan macOS!

0
287
Copyright©Apple

Rentan Spectre dan Meltdown, Apple Beri Pembaruan ke iOS dan macOS!

Smeaker.com – Baru-baru ini tengah beredar sebuah bug yang menyerang keamanan perangkat keras yang memanfaatkan celah mekanisme prosesor yang berpotensi untuk memungkinkan peretas bisa mendapatkan akses mudah ke informasi data sensitive para pengguna.

Bug ini adalah Spectre dan Meltdown. Keduanya bisa dibilang sangat berbahaya kaena mampu membocorkan data yang telah disimpan dalam kernel, program inti pada system operasi yang telah terhubung antara software dan prosesor.

Dalam hal ini bisa dicontohkan seperti password manager, brower e-mail, foto dna bahkan sejumlah dokumen penting. Bug ini sendiri tak pandang bulu yang mana keduanya akan menyerang kernel perangkat dengan system operasi appaun yang ada dan beredar kabar hal ini menyerang Chip Intel atau ARM.

Baca: Yuk! Kenali Celah Meltdown dan Spectre Beserta Pencegahannya

Dampak ini pun juga akan menyerang Windows, Mac OS, Android hingga iOS. Untuk mengatasi celah keamanan dari bug tersebut Apple pun mengeluarkan pembaruan perangkat lunak mereka untuk iOS dan macOS.

Meltdown-Spectre
Copyright©barkly

Pekan lalu, perusahaan Apple mengkonfiramasi bahwa perangkat Mac dan iOS rentan terhadap celah Spectre dan Meltdown yang belakangan ini menggemparkan dunia teknologi. Sebelum mengeluarkan update untuk mengatasi Spectre, Apple telah terlebih dahulu mengeluarkan update untuk kerentanan Meltdownd di ios 11.2 dan MacOS 10.13.2.

Kini update untuk mengatas celah keamanan spectre, iOS 11.2.0 dan MacOS High Sierra 10.12.0 telah dirilis. Keduanya sudah tersedia untuk diunduh dan juga dipasang ke perangkat yang telah didukung oleh perangkat lunak tersebut.

Baca: Ini Dia! Rumor Punggung Kaca Yang Diusung iPhone SE 2, Fungsinya?

Apple
Copyright©Apple

Safari pun juga telah diupdate dengan 11.0.0 di MacOS Sierra 10.12.6 dan OS X El Capitan 10.11.6 untuk tujuan yang sama. Penting untuk di catat bahwa kerentanan terhadap Spectre sedang dikurangi dan bukan diperbaiki dengan solusi berbasis Safari karena masalah celah keamanan tersebut berhubungan dengan arsitektur CPU dan bukan mengenai masalah perangkat lunak.

Spectre dan Meltdown ini adalah sebuah kode (bugs) yang menyerang keamanan perangkat keras yang memanfaatkan celah mekanisme prosesor yang berpotensi memungkinkan peretas mendapatkan akses ke informasi data sensitive pengguna.

baca juga !

Performa Pasar iPhone X Mendapatkan Komentar Analis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here