Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Kebawah Bakal Naik ? Benarkah ?

0
3027
Tarif Dasar Listrik Indonesia

Smeaker.com – Pemerintah telah menetapkan anggaran subsidi listrik untuk rencana tahun depan sebesar Rp 72,4 triliun. Jumlah tersebut telah mengalami penurunan drastis dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 yang mencapai angka Rp 103,8 triliun. Penurunan angka tersebut dikarenakan para pelanggan listrik industri telah dikenakan penyesuaian tarif sehingga sudah tidak lagi menikmati jatah subsidi listrik dari pemerintah.

Sehubungan dengan kenaikan tarif listrik pelanggan 900 VA keatas tentunya kita akan bertanya – tanya, bagaimana dengan para pelanggan listrik dengan daya 450 – 900 VA ? Yang hingga saat ini belum tersentuh penyesuaian tarif listrik dari pemerintah atau kenikan tarif dasar listrik ? Apakah para pelanggan 450 – 900 VA ini juga akan mengalami kenaikan tarif dasar listrik pada tahun ini atau tahun depan ?

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan yakni Andin Hadiyanto mengungkapkan bahwa pada saat ini sudah tidak terdapat lagi subsidi listrik untuk pelangaan diatas 900 VA. Dengan kata lain subsidi listrik masih didapatkan oleh para pelanggan listrik rumah tangga 450 – 900 VA atau pelanggan listrik dibawah 900 VA.

Dalam catatan, pelanggan listrik dengan daya 450 – 900 VA belum pernah mengalami kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) selama waktu 10 – 11 tahun. Padahal didalam aturan yang ada, tidak terdapat larangan untuk menyesuaikan harga bagi golongan rumah tangga dibawah 900 VA.

Andin juga menyebutkan bahwa subsidi listrik harusnya diberikan tidak lebih dari 50 persen. Kalaupun lebih itu namanya bukan lagi subsidi. Namun mengenai kemungkinan kenaikan Tarif Tenaga Listrik ( TTL ) bagi pelanggan dibawah 900 VA, Andin Hadiyanto belum memberikan kepastiannya. Jadi apakah tarif listrik pelanggan 900 VA kebawah bakal naik ? kita nantikan kepastiannya dari pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here