Konsumsi Listrik Indonesia Diharapkan Meningkat Pada Pemerintahan Baru

0
7175
Tarif Dasar Listrik Indonesia

Smeaker.com – Indonesia akan mulai memasuki pasar bebas pada tahun 2015 mendatang. Untuk itu Indonesia harus mampu menjadi negara yang lebih maju lagi dengan memperbaiki dan menambah berbagai infrastruktur penunjang industri yang lebih kuat. Salah satunya adalah pada sektor listrik yang cukup penting namun masih kurang bagus di negara kita sehingga konsumsi listrik di Indonesia masih terbilang rendah.

Menteri Perdagangan yakni Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa untuk menjaga ekonomi dan pasar kita bukan dengan memberi proteksi namun harus membina dan mengembangkan ekonomi dan pasar kita untuk industrialisasi yang lebih baik lagi. Dan untuk menuju industrialisasi yang lebih baik sektor listrik berperan cukup penting sebagai penunjangnya.

Disebutkan pula bahwa bahwa salah satu infrastruktur penunjang industrialisasi yang harus diperbaiki pada pemerintahan baru adalah ketersediaan listrik. Apalagi di bagian Indonesia bagian timur yang masih cukup minim konsumsi listriknya padahal wilayah tersebut merupakan target pengembangan kawasan industri mendatang.

Konsumsi Listrik di Indonesia ini masih cukup rendah yang baru menyentuh angka 200 watt per kapita. Sementara untuk menjadi negara kelas menengah dunia Indonesia harus memiliki 600 watt per kapita. Angka yang dimiliki Indonesia saat ini masih cukup jauh dari target yang ditetapkan.

Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla yang merupakan pemerintahan baru diharapkan juga memperhatikan dan focus pada peningkatan infrastruktur listrik sehingga konsumsi listrik dapat meningkat serta merata pada semua wilayah di Indonesia.

Indonesia sendiri dapat mengambil keuntungan dari pasar industri baik dalam skala regional maupun dunia dari produk yang dihasilkan industri yang berjalan. Namun tentunya industri tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa ditunjang infrastruktur listrik yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here