Elpiji 3 Kg Banyak Diburu Pasca Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg

0
4496
Elpiji 3 Kg Banyak Diburu Pasca Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg

Smeaker.com – Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan Pertamina untuk menaikkan harga gas elpiji 12 Kg pada tanggal 10 September 2014 pukul 00:00 WIB sebesar Rp 114.300 dari harga Rp 92.800 nampaknya akan membawa dampak tersendiri. Kenaikan harga tersebut memang berlaku untuk gas elpiji non subsidi ukuran 12 kg. Sementara untuk ukuran gas elpiji Subsidi 3 kg tidak mengalami kenaikan atau tetap. Perbedaan harga yang tinggi diantara harga LPG 12 Kg dan Epiji 3 Kg akan memicu migrasi pengguna yang beralih menggunakan epliji subsidi 3 kg.

Arif Budimanta selaku Anggota DPRD RI Komisi XI Fraksi PDI-Perjuangan menyebutkan bahwa disparitas atau perbedaan harga antara gas elpiji 12 kg dan ukuran 3 kg dapat menyebabkan konsumen gas elpiji non subsidi 12 kg beralih ke elpiji bersubsidi 3 Kg.

Dia juga menambahkan bahwa masyarakat akan keberatan dengan kenaikan harga yang cukup tinggi tersebut. Apalagi menghadapi keterpautan harga antara elpiji subsidi dan non subsidi.

Arif juga menambahkan bahwa harga elpiji non subsidi 12 kg saat ini adalah mencapai angka Rp 114.300 per tabungnya. Harga tersebut lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan harga empat tabung gas elpiji ukuran 3 Kg.

Anggota DPRD dari Fraksi PDIP tersebut juga menuturkan bahwa harga yang terbilang tinggi tersebut daoat menyebabkan konsumen yang sebelumnya memakai gas elpiji 12 kg beralih memakai elpiji 3 kg yang harganya jauh lebih murah. Harga elpiji 3 kg mencapai Rp 15 ribu per tabungnya. Jika di kali empat maka harganya hanya Rp 60 ribu dengan total sama-sama 12 kg. Hal tersebut membuktikan bahwa ada disparitas harga yakni harga elpiji 12 kg hampir dua kali lipat dari empat tabung elpiji 3 kg dengan total sama-sama 12 kg nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here