Pangan Siap-siap Langka Jika Kekeringan Terus Terjadi

0
1298
Pangan Siap-siap Langka Jika Kekeringan Terus Terjadi

Smeaker.com – Kekeringan yang terus melanda dibeberapa wilayah Indonesia ini telah menyebabkan masyarakat dibeberapa wilayah kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Sumber mata air yang kering tidak dapat lagi diandalkan. Juga para petani yang kesulitan dalam mengairi sawahnya. Hal ini tentu akan berdampak pada komoditas pangan di Indonesia.

Suryamin selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) menghimbau kepada pemerintah untuk sesegera mungkin dapat mengantisipasi kekeringan yang telah melanda beberapa daerah di Indonesia selama beberapa bulan ini. Irigasi, waduk serta sumber daya air di wilayah setempat harus di manfaatkan dengan maksimal dan bijak dikarenakan hal ini menyangkut sektor produksi pertanian yang banyak diandalkan masyarakat.

Kepala BPS tersebut juga menambahkan bahwa kekeringan atau musim kemarau memang merupakan makanan setiap tahun di Indonesia. Namun pada tahun ini kekeringan melanda di Indonesia sedekit lebih lama. Apalagi dibeberapa mendapat keterlambatan dalam turunnya hujan. Sementara di beberapa daerah lain telah mendapatkan curahan hujan.

Jika kekeringan yang melanda di beberapa wilayah Indonesia terus terjadi dan tidak segera ditangani maka akan berimbas pada penurunan produksi pertanian. Komoditas pertanian akan terus menurun dan ketersediaan pangan akan langka yang akan menyebabkan harga akan pangan yang terbatas tersebut akan naik.

Menteri Pertanian sendiri yakni Suwono sebelumnya telah menyebutkan bahwa kekeringan yang terjadi saat ini dibeberapa wilayah Indonesia masih dalam batas wajar dan belum mengancam ketahanan pangan Indonesia.

Menurut Suwono dari data kekeringan yang ada belum terlalu mengkhawatirkan yang masih dalam angka 129 ribu hektare yang kena kekeringan. Namun angka yang terkena Puso lebih dari 9.000 ha yang menurut Menteri pertanian masih terbilang kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here