Aplikasi iOS dan macOS akan Disatukan oleh Apple

0
391
iPhone
Copyright©bukafakta

Aplikasi pada Ekosistem Apple akan Dijalankan pada iOS dan macOS

Smeaker.com – Kabarnya Apple akan memberikan izin kepada para pengembang untuk menciptakan aplikasi yang nantinya dapat dijalankan dalam dua sistem operasi, yaitu iOS dan macOS. Sehingga nantinya ada kemungkinan besar jika sejumlah aplikasi di ekosistem Apple secara bersama-sama dapat dijalankan pada Mac, iPhone, dan iPad.

BACA JUGA : Hanya Sehari Disebar, WhatsApp Langsung Cabut Fitur Barunya!

Disamping itu, Apple sendiri dikabarkan juga akan segera melakukan uji coba untuk aplikasi yang dapat digunakan untuk dua sistem operasi tersebut pada pertengahan tahun 2018. Serta akan memperkenalkanya di gelaran WWDC (Worldwide Developers Conference) 2018.

Aplikasi tersebut nantinya dapat dijalankan untuk perangkat dengan layar sentuh atau menggunakan mouse dan trackpad. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Bloomberg dari Ubergizmo, Sabtu (23/12/17), perusahaan teknologi asal Cipertino itu memiliki alasan tersendiri terkait dengan keputusannya tersebut.

Adanya pemberian izin kepada para pengembang untuk membuat aplikasi pada dua sistem operasi itu dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada para pengguna Mac, agar mereka juga dapat menjalankan aplikasi yang terdapat di iOS.

Aplle
Copyright ©Apple

Selain itu, Apple mengharapkan agar sinergi yang ada antara Mac dan iOS ini dapat berjalan dengan mudah, sehingga untuk menggunakan aplikasi tersebut maka sudah tidak perlu lagi untuk memakai sistem operasi terpisah.

BACA JUGA : Hebat! iPhone X Ludes Hanya dalam Semalam di Indonesia

Sebelumnya, para pengembang dari aplikasi Apple menjelaskan sejumlah kendala yang mereka temui pada saat mengembangkan aplikasi untuk dua sistem operasi secara terpisah. Tak hanya harus kerja dua kali, namun mereka juga menilai kalau aplikasi yang dikembangkan pada perangkat sistem operasi iOS lebih mendapatkan perhatian jika dibandingkan dengan yang telah di macOS.

Salah satu contohnya pada Aplikasi Twitter, saat pengembang Twitter terus melakukan pembaruan pada aplikasinya secara berkala di iOS, namun hal itu tidak terjadi di MacOS, yang tidak mendapatkan pembaruan secara rutin.

Butuh waktu sampai berbulan-bulan untuk pengguna perangka macOS untuk mendapatkan pembaruan tersebut. Oleh karena itu, pada kenyataanya aplikasi Apple yang terdapat di iOS lebih dominan dibandingkan dengan di macOS.

Baca juga : Tetap Bisa Chat Meski WhatsApp Kita Diblokir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here