Ini Dia Alasan Upgrade iOS yang Ternyata Malah Bikin iPhone Lemot!

0
491
Harga Apple iPhone 7

Performa iPhone Jadi Lemot, Apple Sengaja?

Smeaker.com –  Salah satu keluhan pengguna iPhone tak lain adalah terjadi penurunan performa usai melakukan upgrade sistem operasi iOS.

Seperti yang dilansir oleh The Verge belum lama ini, ada seorang pengguna forum Reddit menemukan fakta mengejutkan bahwa perangkat besutan Apple yang digunakannya selama beberapa tahun ini jadi lemot usai di upgrade iOS versi baru. Tak hanya satu orang, ada sejumlah pengguna lain yang melaporkan dengan keluhan sama.

Developer aplikasi benchmark Geekbench, John Poole, telah melakukan penelitian pada performa iPhone 6s dan juga iPhone 7 selama beberapa waktu. Dari hasil tersebut, ia pun menyimpulkan bahwa penyebab utama kelemotan itu tak lain adalah baterai lama dengan kondisi yang tak memungkinakn lagi.

Baca Juga : Untuk Lanjutkan Aktivitas di Smartphone Windows 10 Tiru Apple

Saat itu, John melakukan upgrade ke sistem operasi versi 10.2.1 , kemudian ia menemukan bahwa perangkat yang diuji mengalami throtting atau penyendatan performa.

Usai diteliti lebih dalam lagi, ia menemukan adanya penurunan kecepatan prosesor, dari yang seharusnya 1,4 GHz menjadi  berkurang hanya menyisakna setengahnya yakni 600 MHz. Hal tersebut jelas berdampak pada penurunan performa yang sangat terasa.

Copyright©

Seperti yang diketahui, perusahaan meluncurkan iOS baru dengan kemampuan melakukan deteksi usia dan kesehatan baterai pada ponsel cerdas. Saat software mendeteksi baterai, maka sistem akan menurunkan kecepatan prosesor. Hal tersebut dilakukan untuk mengimbangi performa antara baterai, prosesor, dan komponen yang lain.

Beberapa pengguna pun mengira smartphone mereka menjadi lemot setelah upgrade sistem operasi, sehingga mereka berpikir beli perangkat baru. Padahal seharusnya tidak demikian. Pengguna hanya perlu mengganti baterai saja, tentunya dengan baterai yang orisinil, performa iPhone bakal kembali seperti dulu.

Sebelumnya perusahaan asal Amerika Serikat itu sudah menguumkan bahwa pembaruan sistem operasi menyebabkan penurunan pada performa perangkat. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan komponen yang lain.  Seandainya prosesor tak disesuaikan, besar kemungkinan sistemm tidak stabil seperti sering restart, hang, atau bahkan mati.

Dengan sejumlah fakta tersebut, sudah jelas bahwa pembaruan sistem operasi untuk perangkat iPhone lawas, berdampak penurunan performa.

Sudah jelas ini bukan berarti iOS yang berat, namun akibat dari baterai yang sudah waktunya di ganti. Jadi setidaknya tak perlu keluarkan banyak biaya untuk beralih ke iPhone baru.

Baca Juga : Cara Melihat Status WhatsApp Teman Secara Diam-Diam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here