Harga Hewan Kurban Mulai Meningkat Mendekati Idul Adha

0
5803
Harga Hewan Kurban meningkat Mendekati Idul Adha

Smeaker.com – Hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah atau yang biasa disebut hari raya kurban pada tahun 2014 ini memang masih kurang satu bulan lagi. Meskipun demikian permintaan akan hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun lalu. Dengan meningkatnya permintaan akan hewan kurban secara otomatis menyebabkan harga hewan kurban pun meningkat.

Salah satu pemilik peternakan hewan kurban Usaha Berkah di Medan, yakni Samsul Efendi Rangkuti menyatakan bahwa peningkatan permintaan akan hewan kurban lebih tinggi tahun ini dari tahun lalu. Jika pada tahun lalu permintaan di angka 80 ekor maka pada tahun ini meningkat drastis menjadi 125 – 150 ekor dengan kata lain mengalami peningkatan hampir 50 persen dari tahun lalu.

Disebutkan pula bahwa harga hewan kurban di yakni jenis Lembu cukup variatif tergantung ukuran dan berat dari hewan kurban tersebut. Harga lembu untuk kurban mulai dari Rp 9,4 juta hingga yang paling mahal mencapai Rp 34 juta Sementara pada tahun lalu lembu untuk kurban paling murah berada pada harga Rp 8,4 juta per ekor.

Samsul juga menyebutkan bahwa hingga saat ini telah 50 ekor hewan kurban yang terjual. Dan diperkirakan puncak permintaan pada tanggal 20 September mendatang. Permintaan yang datang baik dari masyarakat kota Medan maupun dari luar kota.

Sementara di daerah Biak, harga hewan kurban sapi juga disesuaikan ukuran dan beratnya. Di daerah tersebut harga sapi paling rendah adalah Rp 12 juta dan harga yang paling tinggi adalah Rp 15 juta dan ada yang mencapai Rp 17,5 juta per ekor nya tergantung pada berat dan ukuran hewan itu sendiri.

Sementara untuk harga hewan kurban jenis kambing, di daerah Biak untuk ukuran sedang saja dibanderol pada angka Rp 2,5 juta per ekor Harga Kambing didaerah tersebut juga berkisar hingga Rp 3 juta per ekornya.

Harga hewan kurban akan terus mengalami kenaikan seiring semakin dekat waktu perayaan hari raya Idul Adha dan semakin banyaknya permintaan akan hewan kurban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here