Harga BBM Subsidi Indonesia Paling Murah di 3 Negara, ‘Pantas Naik Harga’

0
988
Harga BBM Subsdi

Smeaker.com – Baru baru ini Bahan Bakar Minyak yang sempat mengalami kelangkaan dikarenakan kebijakan pemerintah untuk menghemat kuota BBM hingga akhir tahun telah berdampak kenaikan harga BBM di sejumlah pedagang eceran. Namun anda perlu tahu bahwa harga BBM Subsidi di negara kita ini yakni Indonesia memiliki harga paling murah dari negara – negara lain.

Tim Transisi Ekonomi Jokowi – JK yakni Wijayanto Samirin menyebutkan bahwa pemerintah harus segera menaikkan harga bahan bakar minyak ( BBM ) bersubsidi dari harga sekarang ini. Hal ini bukan tanpa alasan, dikarenakan harga BBM di Indonesia paling murah dibandingkan dengan tiga negara lain diantaranya adalah India, Turki dan Filipina.

Harga BBM subsidi premium adalah US$ 0,6 per liter jika dikonversikan ke dollar Amerika. Harga tersebut termasuk dalam kategori rendah dibanding harga BBM di negara lain. Sebut saja India dengan harga BBM sekitar US$ 1,33 per liter, lalu di Filipina dengan harga US$ 1,29 per liter serta di Turki yang mencapai US$ 2,06 per liternya kata Wijayanto selaku Co-Founder and Managing Director Paramadina Public Institute di Jakarta pada Minggu (07/09/2014).

Wijayanto juga menyebutkan bahwa dari 200 negara di dunia ini hanya 18 negara saja yang memberikan subsidi BBM untuk masyarakatnya. Negara yang memberikan Subsidi tersebut merupakan negara yang kaya akan minyak dan dipimpin oleh pemimpin otoriter. Sementara Indonesia sendiri tidak berpemimpin otoriter serta tidak kaya akan minyak sehingga tidak akan tetap jika diterapkan sistem ini.

Untuk itu Wijayanto sendiri mnedesak kepada pemerintahan SBY yang berakhir pada 22 Oktober 2014 mendatang untuk menaikkan harga BBM subsidi di sisa kepemimpinannya dengan usulan penyesuaian harga BBM sekitar Rp 1.500 hingga Rp 3.000 per liternya.

Wijayanto juga menyebutkan jika kenaikan harga BBM subsidi sekitar Rp 1.500 – Rp 3.000 tentu akan memberatkan masyarakat namun akan berimbas pada kesejahteraan jangka panjang. Dengan jangka menengah peningkatan pendidikan, kesehatan serta menciptakan lapangan kerja.

Dia juga menambahkan bahwa Subsidi BBM selama ini salah sasaran dan banyak dinikmati oleh orang kaya dengan kendaraan roda empatnya. Sehingga hal tersebut merupakan pola yang salah dan harus dibenahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here