Keunggulan Al dan Kamera pada Snapdragon 845!

0
172

Keunggulan Al dan Kamera pada Snapdragon 845!

Smeaker.com – Seperti yang diketahui, Qualcomm telah resmi merilis prosesor terbarunya yakni Snapdragon 845, pada hari Selasa 5 Desember 2017 lalu. Prosesor besutannya kali ini menonjolkan pada kekuatan utamanya pada fitur kamera serta kecerdasan buatan (Al/Artificial Intelligence).

Tak lain alasannya karena teknologi Al dan kamera akan menjadi sebuah lahan bisnis baru yang sangat menggiurkan. Jumlah pendapatan dari Al diperkirakan mencapai US$ 160 miliar di tahun 2025 mendatang.

“Lagipula, smartphone bakal menjadi perangkat umum untuk pengembangan AI. Teknologi ini akan semakin meluas,” Ungkap Gary Brotman yang merupakan Director Management Qualcomm dalam event yang diselenggarakan di Maui, Hawaii, pada hari Rabu 6 Desember 2017 lalu.

BACA JUGA: Xiaomi Mi 7 Hadir dengan Snapdragon 845!

Pada tahun 2017 hingga tahun 2021 medatang, sebuah riset mencatat bahwa peluncuran ponsel cerdas bisa saja mencapai 8,6 miliar. Adapun pengembangan teknologi mobile akan menyentuh angka US$ 80 miliar, dengan US$ 51 miliar dari core mobile dan US$ 29 miliar teknologi lain.

Copyright ©Snapdragon 8451

Selain menciptakan kecerdasan buatan, sepertinya Qualcomm sangat siap untuk menguji kemampuan kamera lewat prosesor Snapdragon 845. Demi mendukung akan hal ini, Qualcomm pun membawa sejumlah komponen pendukung seperti prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

BACA JUGA: Qualcomm Snapdragon 845 Resmi Diluncurkan

Bratman berpendapat kalau Al bisa jadi pendukung fotografi mobile. Semisal ponsel yang bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh dengan hanya menggunakan satu kamera saja. Bahkan Snapdragon keluaran terbaru ini juga dibekali dengan teknologi penghemat daya, sehingga mampu memanjakan pengguna lantaran perangkat yang digunakan bisa bertahan lebih lama.

“Kemampuan AI yang diboyong ke Snapdragon 845 dapat mendukung banyak hal, mulai dari pemindaian wajah, asisten digital, hingga efisiensi pada konsumsi baterai. Dengan begitu, interaksi pengguna dan perangkat akan lebih lama,” Pungkas Brotman.

Sementara itu, Xiaomi Mi 7 menjadi smartphone pertama yang menggunakan chip ini. Hal ini dibenarkan langsung oleh Lei Jun selaku CEO Xiaomi ketika dijumpai di tempat yang sama. Menurut Jun, kemampuan Al disebut-sebut akan menjadi fitur utama di smartphone anyarnya itu. Namun sayangnya, Jun tak mau memberikan bocoran terkait tanggap peluncuran Mi 7.

BACA JUGA: Wow, Xiaomi Mi 7 Akan Hadir dengan Prosesor Snapdragon 845?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here