Ini Dia 5 Merek Smartphone Paling Favorit di Tiongkok!

0
1836
Xiaomi Mi Max 2
Copyright©detikponsel

Ini Dia 5 Merek Smartphone Paling Favorit di Tiongkok!

Smeaker.com – Selama ini Tiongkok selalu dianggap sebagai pasar yang paling unik. Di negara tersebut, sejumlah perusahaan pemimpin global bisa saja kesulitan dalam mendapatkan pangsa pasar. Sedangkan untuk pesaing lokal yang lebih kecil bisa menjadi sangat tekenal.

Akan tetapi, berdasarkan data paling baru yang dirilis dari Kantar Worldpanel, kini pasar Negeri Tirai Bambu itu sudah dikuasai oleh 5 merek ternama. Dalam data barunya itu Kantar melaporkan untuk kuartal yang berakhir pada bulan Oktober 2017 lalu, 5 merek besar smartphone yang ada dinegara tersebut diantara Vivo, Xiaomi, Apple, Oppo dan Huawei.

Rupanya lima perusahaan besar itu menjadi penguasa sebesar 91 persen di pasar Tiongkok, angka ini mengalami kenaikan sebesar 79 persen pada periode yang sama di tahun lalu.

BACA JUGA: Deretan Smartphone Termahal di Dunia, Nomer 5 Bikin Mangap!

Seperti yang dilansir oleh The Verge, sejumlah perusahaan seperti ZTE, Meizu, hingga perusahaan Lenovo nampak kesusahan untuk bisa menjadi penguasa pangsa pasar smartphone di kampung halamannya sendiri.

Oppo R11s Plus
Copyright©unboxph

Sedangkan pemimpin pasar smartphone secara global tak lain adalah Samsung, rupanya hanya mampu menguasai pasar Tiongkok hanya sebesar 2,2 persen. Ternyata angka ini juga terus mengalami penurunan. Hal ini berdasarkan laporan Dominic Sunnebo dari Kantar.

BACA JUGA: Cara Mengunci Jaringan 4G Smartphone Android Dengan Mudah

Sementara itu satu hal yang paling menarik yaitu 5 perusahaan yang mendominasi pasar Tiongkok rupanya punya sebuah strategi yang berbeda-beda. Vivo dan Oppo lebih fokus di kawasan desa. Mereka membangun sejumlah toko offline, hal ini mereka lakukan agar perangkat besutannya itu dibeli oleh konsumen yang sebelumnya belum pernah menggunakan smartphone.

Sedangkan Xiaomi sendiri nampak lebih fokus dengan pemasarannya secara online. Meskipun perolehan angka itu mengalami penurunan mengingat tumbuhnya pasar smartphone di Tiongkok adalah berkat adanya toko offline.

Diketahui selamasatu tahun terakhir ini, perusahaan tersebut berhasil kembali menjadi pemain yang dipertimbangkan lantaran membangun toko offline untuk semakin menyempurnakan strategi penjualan online mereka.

Namun beda halnya dengan Oppo dan Vivo, Huawei memilih untuk fokus penualan di kawasan kota. Dengan strategi itu aslhasil mereka makin dikenal sebagai salah satu pemimpin pasar. Sedangkan Apple mampu mempertahankan popularitasnya sebagai merek mewah. Besar kemungkinan smartphone iPhone X akan jadi penguasa pasar di tahun depan.

BACA JUGA: Waduh! Smartphone Nokia Tidak Mendukung Project Treble, Apa Itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here