Jaringan Internet 5G Dicoba Samsung Pada Kereta Berjalan, Hasilnya?

0
201

Jaringan Internet 5G Dicoba Samsung Pada Kereta Berjalan, Hasilnya?

Smeaker.com – Belum lama ini spesifikasi jaringan broadband generasi kelima atau bisa disebut dengan jaringan 5G secara resmi telah diluluskan oleh International Telecomunication Union alias ITU. Nah, setelah beberapa waktu berselang sejak perilisannya, perusahaan Samsung ingin mencoba perangkat hardware untuk mengukur teknologi jaringan tercepat ini.

Ternyata perusahaan yang bermarkas pusat di Korea Selatan itu ingin mengunji hardware tersebut di dalam sebuah kereta yang sedang berjalan. Untuk hasil uji coba paling unggul dari seluruh tes yakni mencapai 1.7 Gbps atau sekitar 17.000 Mbps untuk speed downlink maupun uplink.

Baca Nih: Instagram Hadirkan Fitur Terbaru Lagi, Seperti Apa?

Untuk uji coba ini sendiri dilakukan di dalam sebuah kereta yang sedang berjalan di Saitama, Jepang dengan kecepatan laju sekitar 100KM/jam dan jarak tempuh 1.5Km. Dengan kecepatan jaringan tersebut tentunya aktivitas seperti download video dengan resolusi 8K maupun upload video beresolusi 4K bisa dilakukan di tengah perjalanan pastinya.

5G Train
[email protected] Chronicle

Untuk hardware yang digunakan untuk uji coba ini terdiri dari router khusus 5G (CPE), akses radio (5G radio) RAN Virtual, dan juga pusat jaringan virtual. Tidak hanya perusahaan Samsung saja yang terlibat kedalam ujicoba kali ini karena salah satu perusahaan yang juga berasal dari Korea Selatan bernama KDDI juga turut hadir dan berpartisipasi dalam test ini.

Simak Juga: Akan Ada Hero Baru Lagi di Gim Mobile Legends?

“Keberhasilan uji coba hari ini (1/12/2017) di setiap lokasi seperti di dalam kereta dan di stasiun kereta api adalah batu loncatan penting yang mengindikasikan jika komersialisasi 5G semakin dekat” seperti itulah yang telah diungkapkan oleh Staff Senior Eksekutif Manajer KDDI bernama Yoshika Uchida.

Akan tetapi ada salah satu media informasi yang memberikan pernyataan jika kecepatan jaringan ini baru bisa dihadirkan di tahun 2020 mendatang.

“KDDI akan melanjutkan eksplorasi uji coba dengan skenario yang lebih nyata untuk penggunaan 5G yang lebih beragam dan pengembangan bisnis bersama Samsung” tambahan dari Uchida.

Sebelumnya Samsung dan KDDI ini juga telah melakukan ujicoba dua metode di bulan february 2017 lalu. Untuk metode pertama, hardware 5G ini dipasang di dalam mobil yang berjalan dengan kecepatan 60 Km/Jam di antara dua BTS koneksi tercepat di jalan tol yang ramai. Sedangkan untuk metode kedua yakni pengujian koneksi 5G di spektrum 28GHz dan keduanya mendapatkan kecepatan maksimum 3.7Gbps.

baca juga: cara mengunci jaringan 4g di android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here