Berikut Negara Pertama yang Dapatkan Android Go

0
305

Berikut Negara Pertama yang Dapatkan Android Go

Smeaker.com – Pada saat gelaran event Google I/O bulan Mei 2017 lalu, raksasa internet tersebut telah berjanji kalau akan menghadirkan sistem operasi Android yang dirancang khusus untuk perangkat Smartphone kelas bawah dengan berbekalan spesifikasi serba minimum. Untuk sistem operasi tersebeut nantinya akan dinamakan Android Go.

Nah, setelah sekian lama melalui proses yang cukup panjang. Akhirnya di penghujung tahun 2017 ini perusahaan Google telah memenuhi janjinya kala itu dengan dihadirkannya Android Go (Oreo Edition). Sistem operasi ini hanya dikhususkan untuk diterapkan pada perangkat Smartphone yang hanya memiliki kapasitas internal RAM sebesar 512Mb hingga 1GB saja.

Baca Juga : Wow! Samsung Tegaskan Jika Siap Buat Smartphone dengan Internal 512GB

Di sisi lain, pihak Google telah memberikan pernyataan jika merancang sistem operasi versi ringan yang ditujukan untuk perangkat Smartphone kelas bawah ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan selain memikirkan fitur terbaru yang akan dihadirkan, para pengembang juga harus memikirkan bagaimana menyusutkan file tersebut agar bisa berjalan dengan lancar dan cepat serta responsive di perangkat low-end.

Untuk sistem operasi Android Go ini sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan versi reguler OS Android pada umumnya. Sistem operasi ringan ini juga masih bisa menjalankan berbagai aplikasi utama milik Google seperti Google Assistant, Youtube, sampai Maps.

Selain itu, untuk aplikasi penunjang lain nantinya akan memiliki kapasitas file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi untuk sistem operasi Android reguler. Hal inilah yang membuat proses pengembangannya lebih lama waktu peluncurannya jika dibandingkan dengan OS Android Oreo Reguler.

Terlebih lagi sistem operasi Android Go ini memiliki basis Android Open Source Project sehingga pada developers Smartphone bisa memanfaatkan dan menyesuaikan tampilan dan fungsi dari aplikasi besutan Google tersebut.

Setelah meluncurkan sistem operasi terbaru ini, pihak Google langsung merangkul banyak produsen Smartphone untuk menggunakan Android Go ini pada perangkat besutannya. Kemungkinan besar, kehadiran perangkat pertama yang mengusung OS ini akan hadir di negara India yang mana memiliki

Baca Juga : Telah Memenuhi TKDN, Duo Xiaomi Redmi 5 Hadir di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here