Apple Heart Study, Aplikasi Besutan Apple Untuk Deteksi Jantung!

0
358

Apple Heart Study, Aplikasi Besutan Apple Untuk Deteksi Jantung!

Smeaker.com – Seperti yang diketahui, pada hari Jumat 1 Desember 2017 lalu, perusahaan Apple merilis sebuah aplikasi baru yang menggunakan dari dari Apple Wacth. Aplikasi ini digunakan untuk memberitahu perngguna ketika mereka mengalami detak jantung yang tak teratuur seperti atrial fibrillation (AFib).

Perusahaan asal Negeri Ginseng itu menganggap aplikasi deteksi jantung itu sangat penting, lantaran irama jantung tidak teratur inilah menjadi penyebab utama penyakit stroke.

Aplikasi yang diberi nama Apple Heart Study ini menggunakan sensor detak jantung Apple Watch untuk mengumpulkan data detak jantung yang teratur dari seseroang. Dan kemudian aplikasi itupun memberitahu pengguna terkait kemungkinan terkena atrial fibrillation dengan tujuan sebagai tindakan pencegahan.

BACA JUGA: Komisi Eropa Wajibkan Apple Bayar Pajak Ke Irlandia Sebesar Rp208 Triliun!

Salah satu perusahaan terbesar di dunia itupun mengaku bahwa pihaknya melakukan kerja sama dengan Stanford University, hal ini mereka lakukan guna menyempurnakan teknologi yang dugunakan untuk mendeteksi serta menganalis ritme jantung pengguna yang tak teratur.

Copyright ©Apple

Jeff Williams yang merupakan Chief Operating Apple mengatakan bahwa Apple Heart Study dikerjakan dengan melibatkan banyak komunitas medis. Dengan aplikasi inilah diharapkan bisa mendorong kemajuan dalam penemuan dalam bidang sains jantung.

BACA JUGA: Akankah Apple Hadirkan iPad Murah di Tahun 2018 Mendatang?

Aplikasi deteksi gangguan jantung ini mengusung sensor Apple Watch yang nantinya memancarkan sinar lampu LED hijau berkedip cepat dengan fotodioda peka cahaya untuk melakukan deteksi jumlah darah yang mengalir lewat pergelangan tangan ketika memakai alat tersebut.

Selanjutnya desain optic sensor bertugas mengumpulkan sinyal dari empat titik yang beda dari pergelangan tangan. Kolaborasi itulaj bersama dengan algoritma perangkat lunak yang kemudian menghasilkan ritme jantung yang akurat. Bahkan sangat kecil kemungkinan terjadi kesalahan.

Irama jantung yang tak teratur berhasil diidentifikasi, dalam hitungan detik pengguna bisa langsung menerima notifikasi di perangkat Apple Watch dan iPhone yang kemudian akan dilakukan tindakan lebih lanjut dengan layanan konsultasi gratis dokter dan pacth elektrokardiogram  (EKG).

Bahkan saat ini aplikasi Apple Heart Study sudah ada di App Store wilayah Amerika Serikat, bagi pelanggan berusia 22 tahun atau lebih yang punya Watch series 1 maupun dari versi yang terbaru.

BACA JUGA: Pengguna iPhone Mengadu ke Apple Store lantaran iOS Bermasalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here