Facebook Hadirkan Messenger untuk Anak

0
179
[email protected]

Facebook Hadirkan Messenger untuk Anak

Smeaker.com – Facebook merupakan sebuah layanan jejaring social yang bertempatkan di kantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Layanan ini diluncurkan pada bulan Februari 2004.

Dapat diketahui bahwa Facebook hingga bulan September 2012 telah mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif. Dan sebagian besarnya memakai telepon genggam.

Berita terbaru dari layanan ini untuk adalah dengan menghadirkan sebuah layanan tambahan yakni pesan instan Messenger khusus untuk anak-anak. Yang sebelumnya juga sudah menghadirkan layanan Messenger namun bukan untuk umum.

Baca Juga : Akhirnya Google Bayar Pajak Sesuai Dengan Aturan di Indonesia

Layanan ini berlaku untuk anak-anak dari usia enam hingga 12 tahun. Layanan ini diberi nama dengan “Messenger Kids”, dengan menggunakan layanan ini anak-anak bisa mendaftar tanpa harus memiliki akun Facebook.

Sebelumnya diketahui bahwa sesuai ketentuan hukum anak-anak yang berusia dibawah 13 tahun belum diperbolehkan untuk mendaftar di akun Facebook.

Secara singkat dapat dijelaskan mengenai layanan terbaru ini tidak jauh beda dengan Messenger yang sebelumnya, keduanya sama-sama memiliki guna untuk bertukar pesan teks, video, foto dan juga GIF.

[email protected]

Dengan menggunakan layanan ini pun juga terdapat filter-filter yang unik untuk berbicara di dunia maya. Namun hal yang membedakan antara Messenger standar dengan Messenger Kids ini terdapat pada fitur pengontrolan.

Dalam layanan ini terdapat fitur pengontrolan orang tua (parental control) sehingga hanya teman serta keluarga yang mampu terhubunng dengan sang anak dan layanan ini juga harus mendapatkan persetujuan orang tua.

Bukan hanya itu orang tua juga bisa mengawasi anaknya ketika anak tersebut sedang online. Karena ketika anak tersebut online orang tua akan otomatis mendapatkan pemberitahuan khusus.

Seperti yang telah ditegaskan pihak Facebook, dengan menghadirkan layanan ini akan membantu kebutuhan komunikasi untuk sang anak.

“Tak ada di Messenger Kids dan informasi tentang anak Anda tak akan diberikan ke pengiklan. Aplikasi ini gratis dan tak ada in-app purchase,” jelas perwakilan Facebook.

Bahkan pengembangan layanan ini juga berkonsultan dengan (COPPA). Lembaga hukum ikut menyatakan bahwa mereka memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan pada anak di bawah umur dari eksploitasi di dunia maya.

Namun layanan ini belum diketahui kapan akan meluncur ke Andoid karena diketahui bahwa layanan ini masih terdapat pada iOS di Smerika Serikat.

Baca Juga : Pendiri Vine telah Bocorkan Proyek Barunya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here