Berikut Alasan Kenapa Face ID Hanya Bisa Mengenali Satu Wajah Saja

0
136
Face ID iPhone X

Berikut Alasan Kenapa Face ID Hanya Bisa Mengenali Satu Wajah Saja

Smeaker.com – Tidak hanya model dan komponen Smartphone saja yang mengalami perkembangan, sistem keamanan dari perangkat sendiri juga diperhatikan dan dikembangkan. Hal ini dikarenakan di tahun yang lalu, teknologi fingerprint sangat populer dikalangan masyarakat, namun kali ini telah ada sistem yang lebih canggih lagi yakni pemindaian wajah 3D bernama Face ID yang tersematkan di perangkat iPhone X.
Untuk sistem keamanan fingerprint rata-rata bisa mengenali 5 sidik jari dalam satu perangkat yang mana bisa untuk orang yang berbeda-beda pula. Memang dengan begini beberapa kalangan akan berpikir jika hal tersebut bisa lebih memudahkan ketika perangkat tersebut digunakan oleh banyak orang atau biasa dikenal dengan Multi-User.

Baca Nih: Vendor Smartphone Paling Laris

Namun hal itu berbeda dengan sistem keamanan yang diklaim lebih canggih Face ID hanya bisa digunakan oleh satu orang saja alias bisa mengenali hanya satu wajah. Lantas mengapa demikian? Berikut penjelasan dari kepala teknik Software Apple.

Face ID iPhone X
[email protected]

Craig Federighi telah memberikan informasi kepada salah satu media jika teknologi sistem kamanan ini akan terus disempurnakan, akan tetapi untuk dukungan Face ID untuk banyak wajah yang bisa mengenali lebih dari satu pengguna atau biasa disebut dengan multi-user kemungkinan tidak akan dihadirkan dalam jangka waktu dekat.

Simak Yuk: Berikut Alasan Mengapa Login Facebook Harus Selfie Dahulu!

Selain itu, ia juga mengakui bahwa sistem keamanan fingerprint untuk banyak jari pada perangkat iPhone sebelumnya awalnya dirancang untuk mengenali sidik jari dari pengguna yang sama. Akan tetapi faktanya setelah beredar dipasaran, pemindai tersebut malah digunakan untuk pengguna lainnya.

Tidak hanya itu saja yang diungkapkan oleh Federighi, ia juga menambahkan pernyataan jika Face ID di masa yang akan datang nantinya bisa mengautentikasi banyak wajah seiring perkembangan teknologi itu sendiri. Akan dirinya menegaskan jika pihak Apple sampai saat ini masih belum memiliki rencana untuk menerapkan hal tersebut karena faktor keamanannya yang kurang memuaskan.

Meskipun ada sebuah kabar mengenai pembobolan sensor yang terdapat pada iPhone X ini menggunakan topeng, namun proses pembuatannya itu sangat rumit dan jarang banget orang yang bisa membuatnya. Jadi untuk kebutuhan sehari-hari masih cukup aman digunakan dan diandalkan untuk Face ID ini.

Baca juga: Akankah Apple Hadirkan iPad Murah di Tahun 2018 Mendatang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here