Beginilah Isi SMS Pertama yang Dikirim 25 tahun Lalu

0
201
[email protected]

Beginilah Isi SMS Pertama yang Dikirim 25 tahun Lalu

Smeaker.com – Short Message Service atau biasa dikenal dengan istilah SMS. Dan dapat diketahui pesan pertama yang dikirim pertama kali pada bulan ini, tepatnya pada 3 Desember 25 tahun yang lalu.

Neil Papworth merupakan seorang yang pertama kali telah mengirimkan pesan dengan menggunakan teknologi tersebut.

Pada saat itu telah diketahui bahwa Neil telah mengirimkan sebuah pesan singkatnya ke ponsel direktur Vodafone yakni Richard Jarvis tepatnya pada 3 Desember 1992.

Baca Juga : Vendor Smartphone Paling Laris

Pastinya kalian penasaran kan pesan apa yang telah tertulis dalam pesan sekitar 25 tahun yang lalu?

Dalam pesan yang telah dikirim tersebut berisikan sebuat ucapan, “Merry Christmas” atau “Selamat Hari Natal”.

Uniknya Insinyur asal Inggris ini mengaku bahwa dirinya telah mengirimkan pesan singkat tersebut melalui sebuah computer. Dan ia menjelaskan bahwa pada masa itu telepon belum bisa digunakan untuk mengirim pesan teks.

Mengenai pesan singkat yang tengah mengebohkan publik ini, Neil adalah salah satu orang yang telah terlibat dalam penciptaan fitur Short Message Service alias SMS.

Pada masa itu memang diketahui belum mengenal istilah SMS secara luas, namun setelah tahun 1993 kini mulai dirilisnya sebuah layanan baru tersebut pada telepon seluler.

Namun demikian dapat dikatakan bahwa perkembangan dari SMS itu sendiri pun dibilang lambat karena SMS baru mengalami peningkatan yang signifikan saat ponsel mengalami masa jaya sekitar tahun 2000-an.

[email protected]

Namun dengan adanya fitur SMS ini ternyata tengah berpengaruh terhadap perkembangan komunikasi serta interaksi social antar manusia. Bukan seperti telepon yang lebih mendapatkan perhatian.

Dengan adanya fitur ini justru banyak orang yang telah menunda untuk membalas pesan yang diterima. Namun dengan fitur ini dapat menjalankan komunikasi dengan mengirimkan satu pesan ke banyak kontak.

Seperti yang telah dikatakan oleh curator teknologi dan teknik Museum Sains London, Elizabeth Bruton. Dengan menyatakan bahwa fitur SMS ini merupakan sebuah elemen penting dalam sejarah perkembangan telepon.

“Untuk pertama kalinya kita memiliki telepon seluler yang lebih dari sekedar telepon seluler literal, bergerak melampaui komunikasi suara ke aplikasi spectrum seluler yang baru- untuk megirim pesan teks secara harfiah,” ungkapnya.

Usai adanya fitur tersebut kini perlahan fitur itu telah tergantikan dengan pesan yang berbasis internet, seperti halnya WhatsApp, Line, Messenger dan sejenisnya.

Namun dengan demikian fitur SMS pun sampai saat ini tetap digunakan meskipun fitur lainnya mulai beredar. Karena hanya dengan fitur ini tidak mengandalkan koneksi Internet.

Baca Juga : Samsung W2018 Merupakan Ponsel Lipat dengan “Aperture” Terbesar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here