Smartphone dengan Termometer Bakal Meluncur?

0
289
Copyright ©Rakyatkut tekno

Smartphone dengan Termometer Bakal Meluncur?

Smeaker.com – Sebuah perusahaan teknologi Korea Selatan, CrucialTec, baru saja merilis modul sensor temometer yang berukuran sangat kecil. Menariknya modul sensor tersebut bisa dipasang di smartphone.

Seperti yang dilansir oleh Herald Korea, perangkat ini punya kemampuan untuk mengukur suhu tubuh seseorang hanya dalam waktu 0,5 detik. Caranya dengan menggunakan aplikasi yang terhubung dengan smartphone tersebut.

Hingga saat ini memang banyak aplikasi smartphone yang mengaku bisa menjalankan fungsi termometer tubuh. Meskipun begitu, rupanya kemampuan ini masih berupa gimmick semata.

BACA JUGA: Gratis, Tamagotchi Mengajak Pengguna Smartphone Bernostalgia!

Kali ini dilansir dari Gizmochina pada hari Selasa, 28 November 2017,  modul termometer yang dibuat dengan menggunakan sistem microelectromechanical yang sudah terintegrasi yang diberi nama i-MEMS.

Copyright ©Rakyatkut tekno

Dengan adanya modul tersebut, perangkat ini akan mampu mengukur suhu tubuh manusia atau benda lain yang mempunyai suhu antara 40 sampai 200 derajat celcius. Namun sayangnya tidak dijelaskan secara rinci apakah modul ini juga bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada hewan.

BACA JUGA: Atasi Kencanduan Smartphone dengan Produk Ini!

Kendati demikian, lantaran suhu hewan berada pada kisaran suhu yang bisa diukur, sepertinya suhu hewan kemungkinan juga bisa diukur dengan menggunakan modul tersebut.

Disebutkan, suhu panas pada pada smartphone rupanya tidak akan berpengaruh pada pengukuran suhu pada tubuh manusia ataupun benda yang diukur. Selain itu ada sensor thermometer yang diletakkan apda bagian dalam smartphone dam ke luar melalui model pada kover belakang.

Yang paling menarik, teknologi ini ternyata dibuat tanpa menggunakan kontak lo. Hal ini berarti pengguna atau objek tidak perlu melakukan kontak fisik secara langsung dengan sensor untuk bisa mengetahui suhunya.

Ya, cara ini disebut-sebut bisa mengurangi resiko infeksi atau penularan, seperti selama ini bisa terjadi pada thermometer yang lainnya. Namun sayagnya belum ada indikasi terkait kapan teknologi thermometer ini akan diterapkan pada ponsel pintar.

Lantas mungkinkah teknoogi ini akan diterapkan pada smartphone keluaran terbaru milik Samsung?. Besar kemungkinan usai thermometer di smartphone langsung jadi tren, fitur ini bisa hadir di sejumlah smartphone dengan harga jual paling mahal atau murah sekalipun.

BACA JUGA: Rumor Spesifikasi Huawei Nova 3, Smartphone Empat Kamera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here