Harga Eceran BBM Premium Capai Rp 15.000 per Liter

0
917
Harga Eceran BBM premium

Smeaker.com – Kebijakan Pemerintah dan PT Pertamina untuk membatasi kuota BBM bersubsidi nampaknya berdampak pada masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, pasokan BBM subsidi di semua SPBU dibatasi sehingga berimbas pada harga eceran BBM premium. Di beberapa daerah, harga eceran premium mencapai Rp 10,000,- dan bahkan ada yang menembus hingga angka Rp 15.000,- per liternya.

Kenaikan harga eceran premium dua kali lipat dari harga normal tersebut terjadi di Kabupaten Kuansing Riau. Beberapa warung dan toko memanfaatkan kelangkaan BBM dengan menjual premium eceran dengan harga Rp 15 ribu per liter.

Harga eceran premium yang tinggi tersebut terjadi di sebagian besar Kota Hulu Kuantan yaitu disekitar Lubuk Ambacang, Sungai Pinang, Sungai Alah, Tanjung, Pucuk Rantau, Kawasan eks trans serta kawasan Selatan Kuansing.

Pantauan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) menyebutkan bahwa stok BBM dan solar bersubsidi masih normal. Hanya saja terjadi sedikit pengurangan kuota pada solar subsidi dan terjadi keterlambatan pengiriman dari pihak Pertamina.

Kepala Diskopindag wilayah Kuansing, Tarmis tersebut juga menyebutkan telah berkoordinasi dengan pihak Polres Kuansing untuk meningkatkan pengawasan di SPBU. Pembelian dalam jerigen besar ataupun galon dibatasi guna mencegah penimbunan BBM subsidi yang akan dijual lebih tinggi dari harga normal dari pertamina.

Kenaikan harga premium eceran juga terjadi di wilayah Pariaman, Sumatera Barat yang mencapai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Hal ini tentu sangat disayangkan dikarenakan harga normal di SPBU adalah Rp 6500 per liternya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here