Awas, Aplikasi Go Keyboard Ternyata Bisa Mengintai Penggunanya!

0
305
Go Keyboard
Copyright©zpk

Awas, Aplikasi Go Keyboard Ternyata Bisa Mengintai Penggunanya!

Smeaker.com – Salah satu aplikasi yang cukup unik adalah Go Keyboard. Mungkin sejumlah pengguna hanya mengerti dasar kegunaan aplikasi ini. Tetapi, di wartakan terbaru kalau keyboard pihak ketiga tersebut mempunyai fungsi yang lebih canggih. Mau tau?

Sebetulnya bukan suatu masalah, jika Go Keyboard bisa memata-matai pengguna. Justru ini suatu hal yang menarik dan lebih canggih. Secara tidak langsung memang hal ini suatu kendala yang bikin rishi si pemilik smartphone. Akan tetapi, jika ponsel berada dalam tangan orang lain ini cukup menguntungkan.

Walaupun disisi lain memang bukannya tanpa masalah juga. Berdasarkan laporan terbaru yang dikutip dari Tekno Liputan6, Selasa (26/9), aolikasi ini memang di duga kerap menjalin komunikasi dengan jaringan iklan pihak ketiga ataupun pelacak. Begitu aplikasi ini terpasang, data seputar perangkat akan dikirimkan ke sejumlah jaringan iklan itu. Demikian ini yang menjadi kelemahan Go Keyboard.

Baca Juga Wew, ,Pakai Google Keyboard Terbaru Ngetik Cukup Satu Tangan Lho, Download Di Play Store Yuuk !

Mengetahui apa saja yang dikirim oleh aplikasi Go Keyboard ini termasuk akun Google, ukuran layar perangkat, versi Android yang digunakan, termasuk model perangkat. Aplikasi ini juga dapat mengumpulkan informasi lain mengingat pengguna kerap memakainya untuk mengetik.

Go Keyboard
Copyright©googleplay

Hal itu seperti yang di sampaikan oleh Adguard. Menurutnya lagi, dalam menindaklanjuti penemuan ini Adguard segera memberi informasi pada Google. Jika dugaan ini benar, GOMO Dev selaku pengembang telah menyalahi aturan mengenai larangan pencurian informasi pengguna termasuk di Google Play.

Baca Juga Diganyang Google, HTC Siap Luncurkan ‘Amunisi’ Terakhir!

“Apa pun keputusan mereka, kami merasa hal ini (mengirim data pengguna) tak dapat diterima dan berbahaya. Memiliki lebih dari 200 pengguna tak menjamin aplikasi terpercaya,” tutur Adguard dalam laporannya.

Untuk saat ini, Adguard sendiri masih menunggu jawaban dari Google. Sementara dari pihak pengembang Go Keyboard ini sendiri memastikan tak pernah mengumpulkan data pribadi pengguna. Dalam deskripsinya, pengembang menyebut tak mengumpulkan data pribadi pengguna, termasuk kartu kredit.

Sebelumnya, aplikasi Go Keyboard alias keyboard pihak ketiga juga pernah alami permasalahan.

Baca Juga Sosok Amalia Hernandez Dapat Apresiasi Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here