Kelebihan dan Kelemahan Nokia 3, Smartphone Android Harga Terjangkau!

0
1307
Nokia 3
Copyright©cnet

Kelebihan dan Kelemahan Nokia 3, Smartphone Android Harga Terjangkau!

Kelebihan dan Kelemahan Nokia 3

Smeaker.com – Nokia merupakan perusahaan berteknologi sebagai pemasok perangkat seluler. Sejauh masa perkembangannya, Nokia baru melahirkan Smartphone berbasis Android belum lama. Terilisnya Nokia 6 sebagai bukti bahwa brand ini telah bangkit setelah absen di beberapa tahun lalu. Nokia 6 sendiri adalah perangkat berbasis Android yang di ciptakan brand ini untuk pertama kalinya dan di kenalkan di Tiongkok.

Respon yang diperoleh positif, hingga merek yang di pegang HMD Global ini makin laris di cari. Selain Nokia 6, perusahaan juga meluncurkan seri lainnya yaitu Nokia 5 dan Nokia 3. Dari ketiga series itu, Nokia 3 adalah ponsel paling bawah dengan harga murah. Smartphone ini adalah pilihan paling terjangkau yang membawa spesifikasi cukup baik. Tetapi, ada kelebihan dan kelemahan dari perangkat tersebut.

Nokia 3 juga merupakan perangkat Android yang dibekali kedalam jaringan 4G LTE untuk membantu pengguna dalam mengakses internet agar lebih cepat. Selain itu juga mendukung keberadaan dual SIM yang mungkin diperlukan oleh pengguna apabila menginginkan dua nomor yang berbeda dalam satu perangkat. Tak disebutkan mengenai berat yang dibawa pada produk ini, hanya saja dimensinya diketahui 143.4 x 71.4 x 8.5 mm.

Baca Juga Harga dan Spesifikasi Nokia 3, Android Nougat Seluas 5 Inci Berlapis Corning Gorilla Glass Resmi di Rilis!

Antarmuka pada Nokia 3 ini membawa teknologi layar LCD IPS dengan kapasitas layar sentuh, yang terlihat apik dengan ditambahkan warna sebanyak 16 juta. Pengguna bakal dimanjakan dengan kenyamanan menggunakan perangkat ini karena mengusung layar seluas 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Sehingga bermain game maupun menonton youtube akan terasa jelas dengan bidang yang cukup lebar tersebut.

Terlebih dari itu, bentangan pada layar yang ditawarkan juga masih berlapis akan Corning Gorilla Glass sebagai perlindungan. Sehingga dengan proteksi tersebut perangkat akan lebih aman pada saat terkena benturan maupun goresan. Menariknya lagi, HMD Global juga menyusun smartphone ini kedalam versi terbaru dengan operasi sistem Android Nougat yang diakui memiliki fitur-fitur menarik, beragam dan lebih up to date.

Nokia 3
Copyright©cnet

Untuk menunjang kinerjanya, Nokia 3 juga dibekali dengan chipset Mediatek MT6737 yang dipadukan dengan prosesor Quad Core dengan kekuatan hingga 1.4 GHz. Lalu, persoalan grafis tak dipemasalahkan lagi karena dipercayakan pada GPU Mali-T720MP2. Smartphone ini di sokong dengan RAM 2 GB dengan internal storage 16 GB serta ekspansi 256 GB.

Selanjutnya membahas pada sektor fotografinya, Nokia 3 dibekali dengan kamera utama 8 MP yang bakal memanjakan pengguna dengan hasil gambar yang cukup tajam. Untuk kegiatan selfie Nokia 8 hadir dengan 8 MP sama seperti kamera utamanya dan siap memanjakan pengguna dengan hasil jepretan cukup cantik.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6 dilihat dari Usungan Spesifikasi yang Bisa disimak!

Nokia 3 juga dilengkapi dengan fingerprint atau sering disebut dengan sensor sidik jari. Sensor ini memberikan dukungan keamanan pada perangkat yang cukup baik. Karena, dengan fingerprint ini hanya pengguna yang bisa membuka perangkat dengan menempelkan jemari pada lubang yang telah disediakan. Nah, ini tentu menjadi salah satu kelebihan pada smartphone ini. Terlebih lagi jika biasanya memiliki teman yang usil sehingga tak bisa lagi bertingkah jahil pada perangkat milik pengguna.

Nokia 3 ini disuplai dengan baterai yang sudah berjenis Li-Ion dengan besar kekuatan hingga 2650 mAh, sehingga akan lebih awet dalam penggunaan sehari-hari. Sayangnya model baterai yang disematkan adalah Non-removable yang artinya menyatu dengan perangkat dan tak bisa dilepas. Mungkin ini yang sedikit merepotkan apabila perangkat mengalami eror.

Seperti yang telah terkabarkan, bahwa smartphone ini resmi dirilis pada kuartal kedua tahun 2017. Atau dengan kata lain pada bulan Februari ini. Membawa kedalam varian warna seperti Silver White, Matte Black, Tempered Blue, Copper White yang merupakan kombinasi warna cantik.

Review Spesifikasi Nokia 3

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced February, 2017
Status Coming Soon, Exp. release 2017, Q2
BODY Dimension 143.4 x 71.4 x 8.5 mm (5.65 x 2.81 x 0.33 in)
Weight
SIM Single SIM or Dual SIM
DISPLAY Types IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches (~67.3% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass (unspecified version)
PLATFORM OS Android OS, v7.0 (Nougat)
Chipset Mediatek MT6737
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T720MP2
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Features 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus
Video Yes
Secondary 8 MP, f/2.0, autofocus
SOUND Alert Types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm Jack Yes
COMMS WLAN Yes
Bluetooth Yes
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No

– MP4/H.264 player

– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player

– Photo/video editor

– Document viewer

BATTERY Non-removable Li-Ion 2650 mAh battery
MISC Colors Silver White, Matte Black, Tempered Blue, Copper White

Kelebihan Nokia 3

  • Smartphone ini di pasarkan pada segmentasi kelas menengah bawah yang telah di lengkapi dengan akses jaringan 4G LTE. Sehingga pengguna lebih mudah dan cepat dalam menjelajahi internet.
  • Di kemas dengan tampilan cukup cantik dengan bodi berbahan metal nan kokoh. Membuat Nokia 3 terlihat mewah dan stylish.
  • Sudah menjalankan sistem operasi termutakir di tahun 2017 yaitu Android Nougat.
  • Mendukung sekali dengan dual SIM.
  • Di sokong dengan RAM 2 GB yang sudah sangat cukup dalam menampung aplikasi lebih optimal dari umunya.
  • Suguhkan internal storage atau ROM 16 GB dengan ekspansi hingga 128 GB.
  • Sensor pemindai sidik jari alias fingerprint sudah terpatri pada bodinya. Dengan begitu, lockscreen akan terjaga lebih aman karena cara kerja fingerpint yang cukup akurat.
  • Usung teknologi panel jenis IPS atau In Plane Switching dengan kapasitas layar sentuh.
  • Permukaannya telah di lapisi dengan proteksi Corning Gorilla Glass. Dengan proteksi tersebut maka perangkat akan tetap aman dan baik-baik saja meskipun terkena benturan.
  • Bentangan layarnya cukup lebar, dengan 5 inci yang bakal memanjakan pengguna pada saat bermain game atau menonton youtube dengan tampilan longgar.
  • Dibekali dengan kamera utama yang cukup apik, masing-masing posisi membawa resolusi yang sama yaitu 8 MP.
  • Kedua kamera telah di dukung dengan flash.
  • Kamera depan di lengkapi dengan fitur Wide Angle yang artinya selfie bersama-sama dengan teman-teman tetap menjamin hasil yang memuaskan.
  • Nokia 3 telah di bekali dengan komponen TV Output.
  • Di lengkapi dengan Near Field Communication atau NFC.
  • Disuplai dengan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas daya hingga 2650 mAh.
  • Di lengkapi dengan fitur fast charging.

Kelemahan Nokia 3

  • Masih menggunakan chipset MediaTek
  • GPU Mali T720 dan bukan Andreno.
  • Model baterai Non-removable, yang artinya menyatu dengan perangkat.

Harga Nokia 3

  • Terbaru : Rp. 2.000.000,-
  • Bekas : –

Sebagai smartphone kelas menengah bawah, satu unit Nokia 3 di lepas dengan harga Rp. 2 jutaan yang cukup terjangkau. Harga tersebut cukup murah dan sepadan dengan spesifikasi yang di tawarkan. Dilihat dari desain yang cukup mewah berlapis metal. Selain itu, banyak dukungan lainnya seperti sokongan RAM dan banyak lagi.

Baca Juga Harga Nokia 8 dan Spesifikasinya, Smartphone ‘Dual Camera’ Andalkan 13 MP Selebar 5.3 inci!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here