Subsidi BBM akan Dialihkan ke Sektor Produktif UKM

0
2163
Subsidi BBM akan Dialihkan ke Sektor UKM

Smeaker.com – Kelangkaan stok BBM yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia memang terkait kebijakan PT Pertamina untuk membatasinya hingga cukup sampai akhir tahun 2014 ini. Namun di pemerintahan yang baru dengan terpilihnya Jokowi sebagai presiden, anggaran subsidi BBM akan dialihkan ke sektor produktif diantaranya sektor UKM.

Pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk mengurangi subsidi BBM dinilainya bukan tanpa alasan, namun karena didasari kelangkaan BBM di beberapa daerah. Kondisi antrean mobil dan motor yang memanjang di SPBU menjadi pemandangan kontras semenjak kebijakan yang dikeluarkan PT Pertamina.

Jokowi menilai bahwa masalah subsidi BBM di Indonesia dapat segera diatasi jika terdapat kalkulasi yang tepat. Kalkulasi meski diaplikasikan pada semua masalah yang ada diantaranya masalah inflasi, situasi politik Indonesia, serta kemampuan fiskal yag ada.

Hal berkaitan penekanan subsidi BBM tersebut sedang dalam kajian serius oleh pemerintah. Mengingat subsidi BBM yang telah ada tidak tepat sasaran. Banyaknya pengguna BBM bersubsidi malah dinikmati para pengguna mobil pribadi yang seharusnya menggunakan BBM non subsidi.

Presiden terpilih tersebut juga menyatakan bahwa pengalihan subsidi BBM akan ditujukan untuk sektor produktif salah satunya adalah UKM (Usaha Kecil Menengah) di kampung ataupun desa, kebutuhan pupuk dan pestisida untuk para petani, serta solar dan mesin kapal untuk para nelayan.

Kesemuanya adalah usaha produktif yang dapat dikembangkan di kalangan menengah kebawah. Jika subsiddi BBM dialihkan ke sektor produktif tentunya hal ini berdampak positif untuk usaha kecil menengah yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kelas menengah kebawah lebih baik lagi sehingga mengurangi tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here