Tunjuk Jack Ma Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia, Ini Alasan Menkominfo!

0
306
Jack Ma
Copyright©probisnis

Tunjuk Jack Ma Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia, Ini Alasan Menkominfo!

Smeaker.com – Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sudah bulat, yakni menunjuk Jack Ma sebagai penasihat e-Commerce Indonesia. Jack Ma adalah pendiri sekaligus CEO Alibaba Group.

Namun, keputusan yang di lontarkan pada pekan lalu ini telah menuai kontroversi. Hal ini karena sejumlah pihak khawatir ranah e-Commerce Indonesia bakal di dominasi pemain asing.

Menanggapi hal itu, Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika angkat bicara. Ia mengatakan kalau pihaknya akan tetap mengutamakan kepentingan nasional. Mengingat peran Jack Ma sendiri yang di tunjuk sebagai penasihat hanya akan memberikan masukan untuk bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Baca Juga Gandeng Traveloka, GoJek Bagi-Bagi Kupon Mudik untuk Driver dengan Hadiah Menarik!

Sebagai tambahan, Chief RA menjelaskan lebih lanjut mengapa Jack Ma dipilih karena ingin menjadikan Indonesia sebagai ‘hub’ pengembangan SDM untuk e-Commerce di kawasan regional. Ia pun kembali mengulas ulang roadmap e-Commerce yang mengandung tujuh poin inti, di mana akan menjadi fokus penggodokan industri ekonomi digital.

Jack Ma
Copyright©probisnis

Di antaranya ada logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan, komunikasi siber, serta SDM. Sehingga nanti masing-masing dari tujuh poin tersebut akan mampunyai penasihat. Untuk saat ini memang Jack Ma yang dipilih sebagai penasihat khusus SDM. Sedangkan untuk enam lainnya masih dalam tahap pendekatan.

“Yang penting, yang (penasihat) lokal akan lebih banyak ambil andil. Kalau luar (negeri) masih ada, tetapi lagi diproses,” imbuhnya.

Baca Juga Demi Menangkal Serangan Hacker, Kemkominfo Siapkan 1000 Tentara Cyber Ini !

Sayangnya, tidak ada keterangan lebih jelas siapa saja nama besar yang akan menjadi penasihat e-Commerce pada enam poin tersebut. Yang pasti mencari penasihat e-Commerce semacam ini bukanlah perkara yang mudah.

Lengkapnya, sebagai tambahan informasi bahwa Jack Ma adalah pendiri dan pembuat situs Alibaba.com. Kisah-kisah yang dilalui pria ini memang cukup inspiratif sekali pada saat mendirikan situs ini.

Baca Juga Kabar Gembira, Menkominfo Pastikan iPhone 7 Siap Rilis di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here