Solar Bersubsidi Mulai Langka di Kawasan Pantura

0
1674
BBM solar subsidi-langka

Smeaker.com – Pembatasan kuota pembelian solar bersubsidi oleh PT Pertamina beberapa waktu yang lalu berimbas pada kelangkaan solar subsidi dibeberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Bahkan di sepanjang jalur Pantura Subang, Jawa barat beberapa SPBU terpantau kehabisan stok BBM jenis solar subsidi tersebut.

Telah diketahui, bahwa PT Pertamina telah membatasi kuota pembelian BBM Subsidi jenis Solar pada jam-jam tertentu. Bahkan di daerah Bali, penjualan atas solar subsidi hanya dilayani pada jam 08.00 – 18.00 waktu setempat. Hal ini tentunya menyulitkan para sopir truk besar yang banyak beroperasi pada waktu malam hari.

Kelangkaan solar subsidi terlihat di beberapa SPBU kawasan Pantura diantaranya SPBU Warung Nangka, Subang, Sukasari dan daerah Ciasem. Selain itu sejumlah SPBU yang kehabisan kuota solar subsidi adalah SPBU daerah Patokbeusi, Pusakanegara dan Pamanukan.

Sejumlah SPBU yang kosong karena kehabisan solar subsidi tersebut pun ditutup dengan papan pengumuman yang memberitahukan bahwa BBM solar subsidi habis. Beberapa pegawainya pun terlihat bersantai di area SPBU sambil berjaga-jaga apabila truk tangki Pertamina datang.

Imbas dari habisnya solar subsidi di kawasan Pantura ini adalah pada warga tentunya. Para pengguna kendaraan pribadi pun nampak memutar kembali kendaraannya dari area SPBU. Bahkan para sopir truk rela menunggu di area SPBU sampai stok solar subsidi kembali tersedia.

Pembatasan kuota BBM bersubsidi oleh Pertamina memang sengaja dilakukan guna menghemat kuota BBM Subsidi agar cukup hingga akhir tahun nanti yang telah ditetapkan dalam UU APBN-P 2014. Sebagai gantinya pertamina menydiakan BBM non subsidi diantaranya Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Dex dan Solar non subsidi guna menjamin kebutuhan BBM di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here