Kopi Instan Indonesia Banyak Digemari di Negara-Negara Maju

0
3434
Kopi Indonesia

Smeaker.com – Bagi para pecinta kopi, kopi instan lokal bukan hal yang asing lagi. Kebiasaan mengkonsumsi kopi memang menjadi sebuah kebiasaan tersendiri untuk para penggemar kopi di Indonesia. Namun bukan hanya di Indonesia saja, kebiasaan mengkonsumsi kopi instan ternyata juga banyak dilakukan di beberapa negara maju diantaranya adalah Malaysia, Jepang, Singapura, Brunei Darussalam hingga Uni Emirat Arab.

Namun yang mengejutkan adalah negara-negara tersebut mengkonsumsi kopi instant bukan dari produk negerinya melainkan kopi instan Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai ekspor akan kopi instan lokal ke beberapa negara tersebut hingga sampai ke Uni Emirat Arab. Tentunya fakta tersebut membanggakan kita sebagai warga negara Indonesia khususnya bagi para pecinta kopi instan lokal.

Menurut data dari Dinas Perdagangan dan Industri di Sumatera Utara, jumlah ekspor kopi instan Indonesia ke negara-negara maju tersebut mencapai 6.118 ribu ton. Nilai tersebut dari data di propinsi Sumut saja dan belum lagi ditambah data nilai ekspor akan kopi instan di wilayah sentra lainnya diantaranya adalah Jawa, papua dan Sulawesi. Tentunya nilainya lebih besar lagi apabila digabungkan.

Kepala Dinas Pertambangan Sumatera Utara melalui Kasie Ekspor Hasil Pertanian dan pertambangan di Medan juga menyebutkan bahwa nilai ekspor mencapai 890 ribu ton hingga Juli kemarin. Dan nilai tersebut belum ditambah nilai ekspor di daerah lain di Indonesia. Disebutkan pula bahwa yang di ekspor masih yang berjenis Robusta saja sedangkan untuk jenis Arabica biasanya Premium.

Populernya kopi instan sekarang ini diikuti dengan pertumbuhan pengolahan kopi di Indonesia yang semakin berkembang pesat. Industri kopi di Indonesia kian berkembang menjadikan banyak investor domestik maupun asing berdatangan. Hal ini tentunya menguntungkan sektor Ekonomi Indonesia khususnya para petani kopi di Indonesia. Nilai ekspor yang meningkat tentunya akan meningkatkan devisa negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here