Kenaikan Harga Minyak Dipicu Data Ekonomi AS yang Membaik

0
1544
Harga Minyak naik

Smeaker.com – Harga minyak dunia telah mengalami penguatan pada perdagangan hari ini (Jumat 22/08/14). Hal ini dipicu data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang membaik. Seperti yang kita ketahui bahwa Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar akan minyak mentah sehingga permintaan minyak dari AS terus mengalami penguatan kedepannya. Hal ini tentu berpengaruh terhadap harga minyak dunia.

Diberitakan patokan minyak di AS, harga minyak jenis West Texas Intermediated (WTI) atau minyak mentah light sweet alami kenaikan US$ 51 sen menjadi US$ 93,96 per barel untuk pengiriman bulan Oktober 2014. Sedangkan minyak mentah Brenth Nort Sea juga alami kenaikan US$ 35 sen dan menetap pada US$ 102,63 per barel untuk pengiriman bulan Oktober mendatang.

Harga minyak naik setiap kali kondisi ekonomi terus membaik. Membaiknya ekonomi AS terlihat pada penjualan “existing homes” telah meningkat dengan cepat pada hampir setahun ini. Selain itu asuransi tunjangan akan penggangguran alami penurunan dibawah 300 ribu. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu kenaikan harga minyak dunia.

Namun ekonomi AS yang membaik malah diikuti dengan turunnya persediaan minyak. Beberapa data menunjukkan permintaan minyak yang besar diikuti stok minyak mentah yang mengalami penurunan. Penyebabnya bisa jadi konflik negara yang dialami para produsen minyak dunia diantaranya Irak, Libya dan Ukraina.

Namun kini para pedagang dapat bernafas lega, pasalnya ketegangan yang terjadi di Irak dan Ukraina telah mulai berkurang. Dan Libya pun telah memulai kembali ekspor minyak dengan meningkatkan volume ekspor akan minyak mentah. Permintaan minyak yang terus meningkat pun akan diikuti dengan bertambahnya stok dari ekspor minyak mentah para produsen minyak dunia tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here