Berdamai, Apple dan Nokia Akhirnya Hentikan Perang Hak Paten!

0
611
Nokia
Copyright©kompasiana

Berdamai, Apple dan Nokia Akhirnya Hentikan Perang Hak Paten!

Smeaker.com – Informasi terbaru mengawali perdamaian antara dua vendor smartphone yang diketahui telah perang panas merebutkan hak paten. Nokia dan Apple sudah bukan nama yang asing lagi di telinga semua. Dua brand tersebut merupakan merek ternama sebuah perangkat smartphone.

Dikabarkan kalau Apple telah melibas peperangan yang terjadi dengan Nokia. Tak hanya itu, Apple juga diketahui telah menyetujui untuk membeli lebih banyak produk dan layanan jaringan milik Nokia, sehingga saham perusahaan asal Finlandia itu naik 7 persen.

Ini berarti Nokia akan mendapatkan royalti lebih besar dari Apple atas penggunaan paten ponselnya. Selain itu hal ini juga cukup membantu Nokia dalam mengimbangi dampak berkurangnya permintaan perangkat keras jaringan mobile besutannya.

Baca Juga Masih Prototype, Wujud Asli Nokia 9 Sudah Mulai Terungkap!

Mengutip Tekno Liputan6 dari Reuters, Kamis (25/5/2017), Nokia akan memasok produk infrastruktur jaringan ke Apple, dan Apple akan melanjutkan penjualan produk kesehatan digital Nokia di toko ritel dan online mereka, serta menjajaki kolaborasi lebih lanjut di bidang kesehatan.

Nokia
Copyright©bukafakta

Sebagai informasi, kesehatan digital itu sendiri adalah salah satu bidang yang menjadi target Nokia pada saat mencoba untuk mengembangkan bisnis barunya. Berikut pula guna untuk mengimbangi penurunan permintaan industry peralatan jaringan secara keseluruhan.

Baca Juga Wow, Ponsel Nokia 3310 Jadul Dibuat Alat Bantu Pemuas Nafsu!

Sejauh ini, antara Nokia dan Apple beberapa kali terlibat sengketa paten. Terakhir untuk kasus ter-anyarnya terjadi pada Desember 2016 lalu. Akibatnya, berujung dengan penarikan produk-produk kesehatan Withings dari jaringan toko ritel Apple.

Withings adalah pabrikan alat kesehatan seperti activity tracker dan baby monitor digital yang tahun lalu dibeli oleh Nokia. Apple menuding Nokia melisensikan patennya secara tidak fair, sementara Nokia menuduh Apple berutang atas paten-paten Nokia yang dipakai di sejumlah produknya, termasuk smartphone dan tablet.

Akan tetapi semua itu telah usai, karena belum lama ini kedua perusahaan tersebut sepakat berdamai dan membatalkan semua gugatan hukum.

Baca Juga Beredar New Nokia 3310 Versi KW di India, Harganya Murah Banget!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here