Inilah Situs Pemantau Serangan WannaCry Secara Lengsung!

0
322
WannaCry
Copyright©Jalantikus

Inilah Situs Pemantau Serangan WannaCry Secara Lengsung!

Smeaker.com – Wabah Virus WannaCry mengancam dunia, pasalnya hacker pelaku keganasan ini tak tanggung-tanggung menyandra seluruh dokumen penting milik korban. Dengan mengunci seluruh file dan dokumen pada komputer yang diserang, hacker WannaCry menjadikan ini sebagai alat untuk memita tebusan.

Penyebaran virus ini juga cukup luas, mencapai 150 negara di dunia telah diretas habis dan Indonesia salah satunya. Sejarah mencatat WannaCry menjadi salah satu serangan cyber terbesar pertama kalinya.

Dengan melihat kondisi yang demikian, seorang peneliti keamanan dari MalwareTech berhasil menghambat penyebaran WannaCry dengan mengaktifkan “kill switch” di dalam tubuh ransomware tersebut.

Baca Juga Kronologi Serangan Virus Ransomware WannaCry yang Bikin Heboh Di Berbagai Belahan Dunia!

Jumlah infeksi WannaCry kini turun drastis berkat langkah-langkah yang ditempuh. Apalagi, pihak otoritas dan institusi berkepentingan di masing-masing negara sudah turun tangan untuk memerangi penyebaran sang ransomware berbahaya.

WannaCry
Copyright©Thehackernews

Dalam menyelesaikan misi untuk mengatasi virus WannaCry ini, Microsoft ikut membantu dengan merilis update khusus demi menambal celah keamanan yang dieksploitasi WannaCry di sistem operasi Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003.

Sayangnya, meski begitu serangan ini masih terdeteksi aktif di sejumlah wilayah dunia. MalwareTech selaku salah satu firma sekuriti cyber yang mempelajari WannaCry menyediakan fasilitas botnet tracker yang bisa dipakai memantau serangannya di berbagai belahan bumi.

Baca Juga Cara Ampuh Melindungi Komputer Dari Serangan Virus Ransomware Wannacry!

Situs Malware ini memantau WannaCry melihat lewat peta yang ditampilkan dan dilakukan secara real-time. Dengan begini, serangan virus ganas yang menginjeksi pada perangkat komputer akan mudah di deteksi.

Disamping itu, untuk mewaspadai terjadinya serangan ini adalah dengan melakukan back-up. Karena dengan cara ini meskipun WannaCry menyerang kita masih punya data-data yang telah di back-up tersebut. Selain itu hindari pula mengunduh aplikasi atau software lain yang terkesan asing untuk menghindari terjadinya hal ini.

Baca Juga Serangan WannaCry Menyebar, Hacker Korut Dicurigai Dalang Wabah Virus Ransomeware!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here