Cara Ampuh Melindungi Komputer Dari Serangan Virus Ransomware Wannacry!

0
648
Virus Ransomeware WannaCry
Copyright©Sulselsatu

Cara Ampuh Melindungi Komputer Dari Serangan Virus Ransomware Wannacry!

Smeaker.com – Belum lama ini Virus Ransomeware WannaCry menginjeksi ribuan computer dan mengunci dokumen serta file penting di dalamnya. Adapun motif dari si pelaku tersebut adalah meminta tebusan kepada korban. Virus Ransomeware WannaCry ini merupakan serangan cyber terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Kesaktian Virus Ransomeware WannaCry yang memberikan serangan tak tanggung-tanggung ini, karena memanfaatkan tool senjata cyber dinas intel Amerika Serikat, NSA, yang dicuri hacker dan dibocorkan di internet. Nah, lalu bagaimana cara melindungi computer dari serangan virus tersebut? Berikut 5 tips yang ampuh untuk mengamankan perangkat computer Anda dari Virus Ransomeware WannaCry.

Baca Juga Jenis-Jenis Virus Komputer Dan Cara Mencegahnya

Pertama, backup data yang mencakup seluruh informasi pada sistem yang berbeda. Karena dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir kehilangan data-data yang ada di dalam perangkat. Perlu di catat, backup data tersebut harus disimpan di eksternal HDD yang sama sekali tidak terhubung dengan internet.

Virus Ransomeware WannaCry
Copyright©Sulselsatu

Kedua, pengguna untuk ekstra hati-hati ketika membuka email atau berkunjung ke situs web yang tak dikenal. Pasalnya, cara umum yang dilakukan hacker adalah dengan menggunakan metode phishing email; iklan palsu di situs web; atau aplikasi dan program mencurigakan.

Ketiga, menggunakan program antivirus. Karena program antivirus dapat memblokir proses instalasi otomatis dari beberapa iklan palsu ketika kamu menjelajah di internet, dan mencari apakah ada malware yang menginfeksi komputer atau perangkat mobile.

Baca Juga Mengejutkan, Ternyata Haikal Hacker Hanya Gunakan Alat Ini untuk Meretas 4.600 Situs!

Keempat, sering-sering memperbarui software atau aplikasi yang kamu gunakan bilamana sudah tersedia. Lewat pembaruan ini, pengembang acap kali memperbaiki ‘lubang’ yang sering dimanfaatkan untuk meng-install ransomware.

Kelima, jangan pernah bayar tebusan. Karena hal ini belum tentu membuat data-data yang di Sandra kembali begitu saja. Sementara itu, beberapa program dapat kamu gunakan untuk mendekripsi data yang disandera Virus Ransomeware WannaCry. Atau, jika kamu memiliki data cadangan dapat langsung memulihkan kembali perangkat seperti semula tanpa perlu pusing.

Baca Juga Kronologi Serangan Virus Ransomware WannaCry yang Bikin Heboh Di Berbagai Belahan Dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here