Basmi Berita Hoax, Pendiri Wikipedia Luncurkan Wikitribune!

0
491
Wikitribune
Copyright©time

Basmi Berita Hoax, Pendiri Wikipedia Luncurkan Wikitribune!

Smeaker.com – Dunia teknologi tak terlepas dari jejaring sosial, dan ini yang membuat sejumlah penyebar informasi memberikan berita hoax dengan mudah. Dari hal ini ada beberapa pihak yang telah memerangi adanya informasi hoax atau berita burung tersebut. Salah satunya kini adalah pendiri Wikipedia yang turut terjun untuk membasmi semua itu.

Cofounder Wikipedia Jimmy Wales menempuh cara ini sebagai upaya untuk menegasi berita hoax (Berita Palsu) dan ketidak percayaan terhadap media massa. Oleh karenanya, ia meluncurkan Wikitribune yang merupakan sebuah portal berita berbasis komunitas. Seperti yang telah disampaikannya tentang Wikitribune yang telah dikembangkan, dikutip dari Liputan6, Kamis (27/4/2017).

“Saya telah memikirkan hal ini cukup lama. Saya sudah mengembangkan ide dan berbagai hal lainnya, tapi ini selalu menjadi proyek yang tertunda,” kata Wales.

Wikitribune bisa disebut semacam perpaduan antara portal berita tradisional dan Wikipedia, ensiklopedia online yang bisa diedit siapa saja. Wartawan profesional akan bekerja sama dengan relawan komunitas untuk menulis dan mengedit konten berita di layanan ini.

Wikitribune
Copyright©time

“Mereka bekerja secara berdampingan,” tambahnya.

Sementara itu, Wikitribune sendiri tengah menjalankan kampanye urun dana (crowdfunding) selama 30 hari untuk mengumpulkan uang guna memekerjakan dan membayar jurnalis. Mereka berharap mampu memekerjakan 10 jurnalis untuk tahap awal dan menambah jumlahnya secepat mungkin.

Bahkan, Wales juga menegaskan Wikitribune akan terfokus pada hoax yang menjadi viral dan berdampak tinggi.

“Anda tidak bisa mengalahkan mereka (hoax) dalam permainan Anda sendiri, Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dan menarik.” Ia mengakhiri.

Sebagai tambahan informasi, Wales sebagai penasihat juga menggaet Guy Kawasaki (penulis, pembicara, dan pengusaha), Jeff Jarvis (profesor, pembicara, jurnalis, kritikus), dan Lily Cole (model, aktris, dan pengusaha).

Baca Juga Update Terbaru Wikipedia Beta, Kini Hadir di Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here