Dianggap Monopoli, Inilah Denda yang Harus Google Bayar!

0
550
Google
Copyright©doodles.google.ca

Dianggap Monopoli, Inilah Denda yang Harus Google Bayar!

Smeaker.com – Kasus praktik monopoli yang telah dilakukan Google sebelumnya berdampak negative bagi pihaknya. Meski kini pabrikan Mountain View tersebut telah sepakat untuk mematuhi aturan anti-monopoli yang diberlakukan pemerintah Rusia, namun tetap saja Google harus menerima imbas dari praktik yangtelah dilakukan sebelumnya. Adapun denda yang harus Google bayar yakni senilai 7.8 juta dollar AS atau setara dengan 104 miliar.

Baca Juga Begini Cara Hentikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store!

Jumlah tersebut memang tak sedikit, akan tetapi hal ini bertujuan untuk menegakkan peraturan yang telah diberlakukan di Rusia tersebut. Monopoli yang dimaksud adalah Google mewajibkan pabrikan smartphone Android untuk menyematkan Google Search sebagai aplikasi mesin pencari bawaan. Ke depan, Google akan membebaskan para vendor untuk memilih sendiri mesin pencari yang cocok untuk perangkat mereka.

Google
Copyright©doodles.google.ca

Sementara itu, diketahui bahwa Android merupakan sistem operasi milik Google yang mendominasi pasar. Pada tiap ponsel Android, ada beberapa layanan bawaan yang langsung tercantum tanpa dipilih penggunanya, misalnya saja toko aplikasi Play Store yang memuat jutaan aplikasi untuk Android. Selain itu masih banyak lagi layanan-layanan Google seperti mesin pencari Search, Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Penyematan aplikasi tersebut seakan sudah menjadi aturan main Android atau kerap diistilahkan taken for granted.

Kasus ini terus bergulir hingga sampai di lembaga resmi anti-monopoli yang dibentuk oleh Rusia. Hal ini seperti yang telah diketahui oleh Yandex yang telah memprotes. Yandex meminta Google membebaskan para vendor ponsel Android untuk memilih menggunakan mesin pencari Google Search atau milik Yandex. Faktanya, Google dinyatakan bersalah Langkah berikutnya, jika Google masih mau Android beroperasi di Rusia, pabrikan itu harus mematuhi aturan untuk tak melakukan praktik monopoli yang dimaksud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here