Kelebihan dan Kelemahan Sony Xperia XZs, Seperti Apa?

0
826
Sony Xperia XZs
Copyright©gsmarena

Kelebihan dan Kelemahan Sony Xperia XZs, Seperti Apa?

Kelebihan dan Kelemahan Sony Xperia XZs

Smeaker.com – Pabrikan asal Jepang, Sony telah mempersiapkan rancangan terbarunya pada lini smartphone mereka. Dari kabar yang telah beredar, keberadaan smartphone anyar itu bakal diluncurkan untuk pasar USA. Sebut saja yakni Xperia XZs, yang akan dikenalkan melalui ajang MWC 2017 dalam waktu yang tak lama lagi. Ini dikatakn menjadi smartphone versi lebih ekonomis, karena mengingat smartphone versi satunya lebih mengusung spesifikasi yang tinggi yaitu pada Xperis XZ Premium. Akan tetapi, tak kalah menarik pada perangkat yang ini karena juga mengusung spesifikasi yang mantab.

Bahkan, seri XZs ini juga mengedepankan perangkat kamera dengan resolusi yang sangat tinggi tetapi juga bekalan fitur-fitur fotografi canggih yang belum banyak dimiliki oleh ponsel lainnya. Hal ini pun sepertinya sudah bakal menjadi daya tarik tersendiri terutama di para pengguna gadget yang hobi dengan aktivitas fotografi.

Sony kita kenal sebagai perusahaan yang menghasilkan alat elektronik, tak hanya itu saja bahkan nama Sony dikenal cukup populer dengan beragam produksinya yang tak tanggung-tanggung karena menghadirkan dengan kualitas berkelas. Sebagai perusahaan ternama, Sony juga turut merancang kedalam smartphone yang hingga saat ini telah berkembang pesat dan sukses. Bahkan cukup berlimpah ruang jajaran smartphone mereka yang laris di pasaran.

Sony Xperia XZs telah mencakup kedalam jaringan 4G LTE untuk mengakses internet agar lebih gesit. Sehingga memungkinkan aktivitas download pada kecepatan 450 Mbps dan upload pada kecepatan 50 Mbps. Selain 4G LTE, jaringan alternatif GSM dan HSPA pun masih bisa digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Sektor ini pun ternyata juga telah dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap dan canggih. Misalnya saja Sony menghadirkan fitur single SIM untuk kode G8231 dan dual SIM untuk kode G8232 sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan komunikasi pengguna.

Smartphone Sony ini resmi dirilis pada Februari 2017 kemarin, namun untuk statsunya masih menyandang gelar yang akan segera diharikan dalam perkiraan bulan kuartal pertama bulan April 2017 yang akan datang. Secara dimensi, smartphone Xperia XZs ini memiliki panjang 146 mm, lebar 72 mm, dan tebal 8.1 mm. Sedangkan beratnya sebesar 161 gram. Di bagian mukanya, Sony menggunakan layar IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.2 inci. Layar ini menghasilkan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 494 ppi mampu menyuguhkan tampilan visual yang cukup memukau.

Sony Xperia XZs
Copyright©gsmarena

Layar dari Sony Xperia XZs ini pun telah mendapat dukungan multitouch sehingga bisa dioperasikan dengan sepuluh jari. Layar ponsel juga telah dilindungi dengan proteksi Corning Gorilla Glass yang versinya belum diketahui. Bodinya pun terbukti cukup tangguh karena telah mendapatkan sertifikat IP68 yang membuat bodi dari spesifikasi Xperia XZs tersebut tahan terhadap debu dan air di kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Sony Xperia XZs berjalan kedalam versi OS Android v7.1 Nougat yang mampu memberikan ragam fitur menarik dan menjadi tren uantuk sepanjang tahun 2017 ini. Demi menyokong ketangguhannya, smartphone ini ditenagai oleh chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820. Meski bukan yang terkencang saat ini, namun chipset tersebut bekerja dengan prosesor empat inti yang terdiri dari dua cluster, yakni Dual-core 2.15 GHz Kryo dan Dual-core 1.6 GHz Kryo sehingga performa Sony Xperia XZs ini terbilang mumpuni.

Hadirnya RAM berkapasitas 4 GB juga menjamin segala aktivitas multitasking berjalan dengan sangat lancar dan responsif. Sedangkan untuk urusan gaming, Sony menyematkan kartu grafis Adreno 530 untuk menyuguhkan konten visual yang memukau pada perangkat tersebut.

Sony Xperia XZs mengusung lini fotografi yang apik, ketangguhannya diketahui dari sepasang kamera yang memberikan resolusi mumpuni. Kamera ini diyakini memberikan kemaksimalan aktivitas dokumentasi. Terlihat pada bagian punggungnya tersemat kamera utama 19 MP dengan aperture f/2.0 sehingga sanggup menghasilkan jepretan foto yang sangat jernih dan berkualitas. Apalagi kamera dari Sony Xperia XZs ini sudah dilengkapi dengan fitur EIS (gyro), predictive phase detection dan laser autofocus, serta LED flash. Kamera utamanya juga bisa merekam tiga jenis video, yaitu [email protected], [email protected], dan HDR.

Lalu untuk kamera depan Sony benamkan resolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 sehingga sangat mumpuni untuk menunjang aktivitas selfie dan video call karena juga dapat merekam video dengan kualitas 1080p. Sony Xperia XZs di suplai baterai non-removable Lithium Ion berkapasitas 2.900 mAH.

Spesifikasi Sony Xperia XZs

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced 2017, February
Status Coming soon. Exp. release 2017, April 5th
BODY Dimension 146 x 72 x 8.1 mm (5.75 x 2.83 x 0.32 in)
Weight 161 g (5.68 oz)
SIM Single SIM (Nano-SIM) – G8231

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) – G8232

– IP68 certified – dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes

DISPLAY Types IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.2 inches (~70.9% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
Multitouch Yes, up to 10 fingers
PLATFORM OS Android OS, v7.1 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
CPU Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
GPU Andreno 530
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 32 GB, 4 GB RAM – G8231

64 GB, 4 GB RAM – G8232

CAMERA Primary 19 MP, f/2.0, 25mm, EIS (gyro), predictive phase detection and laser autofocus, LED flash
Features 1/2.3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video [email protected], [email protected], HDR
Secondary 13 MP, f/2.0, 22mm, 1/3″ sensor size, 1.12 µm pixel size, 1080p
SOUND Alert Types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm Jack Yes

– 24-bit/192kHz audio

– Active noise cancellation with dedicated mic

FEATURES Sensors Fingerprint (side-mounted, region dependent), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Browser HTML5
Java No

– Fast battery charging (Quick Charge 3.0)

– Xvid/MP4/H.265 player

– MP3/eAAC+/WAV/Flac player

– Document viewer

– Photo/video editor

BATTERY Non-removable Li-Ion 2900 mAh battery

Kelebihan Sony Xperia XZs

  • Penampilan desain berkelas berkat, balutan bahan metal + Glass pada seluruh bodinya, yang masih dipercantik dengan sentuhan 2.5 D Curved Glass
  • Dilengkapi Fingerprint Scanner sebagai sistem pelindug data pribadi spengguna, dari tangan tak bertanggung jawab
  • Mendukung kemampuan Ganda SIM stnby, dan disuport koneksivitas jaringan 4G LTE Cat 9, yang melancarkan akses internet
  • Layar IPS LCD seluas 5.2 inchi, yangnyaman dioprasikan dengan satu tangan, dengan tampilan bening berkat resolusi 1080p ( HD )
  • Dilapisi pelindung layar Cornning Goriila Glass 4, jadi tak perluriskan bila terjadi benturan / goresan
  • Beroprasia memakai OS terbaru Android v 7.0 Nougat, yang memberikan tampilan antar muka memukau dan menyuguhkan banyak aplikasi
  • Prosesor melaju dengan PowerFull & stabil, dengan CPU Snapdragon 820 Quad Core Kyo 2.15 GHz + 1.6 GHz, GPU Adreno 530
  • RAM 4 GB, yng melancarkan prosesor multitasking & mengoptimalkan kinerja HP lebih responsif
  • Memory Internal 32 /64 GB, yang dilengkapi microSD 256 GB, yangdapat menampug banyak file, data / aplikasi
  • Kamera utama 19 MP, PD AF & Laser AF, EIS ( gyro ), LED flash, yang didukung kemampuan perekam video Ultra HD / 4K
  • Ditemani kamera depan 13 MP, untuk menunjang selfie, groovie maupun live video
  • Dilengkapi Fast Charging / Pengisian kilat, jadi tak perlu menunggu lama saat mengecas HP hingga penuh / 100%
  • Dilengkapsi Sertifikasi IP68 WaterProf ( tahan air ), yang dapat menyelam dalam air dengan kedalaman 1.5 meter, selama 30 menit

Kelemahan Sony Xperia XZs

  • Kamera depan tidak dilengkapi fitur pendukung semacam LED flash, jadi kurang mengoptimalkan penggunaan kamera pada tempat rendah cahaya
  • Baterai hanya berkapasitas 2900 mAh, yakni kurang maksimal untuk menompang kegiatan smartphone flagship
  • Baterai Non-Removable / bersifat tanam, yang cukup membuat repot bila HP ngeblank / Eror

Harga Sony Xperia XZs

  • Terbaru : Rp. 9.300.000,-
  • Bekas : –

Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga Kelebihan dan Kelemahan Sony Xperia L1, Intip Seperti Apa Disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here