Freeport akan Tambah USD 6 Miliar ke Neraca Dagang yang Mulai Ekspor

0
856
Freeport akan Tambah USD 6 Miliar ke Neraca Dagang yang Mulai Ekspor

Smeaker.com – Pada kuartal 2 merupakan Defisit Transaksi Berjalan yang tercatat sebesar USD 9,1 miliar atau sekitar 4,27% dari produk Dosmetik Bruto. Choirul Tanjung selaku Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang memiliki opini bahwa ini yang disebabkan oleh neraca perdangan uang masih defisit.

Current Account Defisit (CAD) itu akan terjadi karena banyak hal, karena neraca perdagangan kita itu masuk defisit, dan juga kita sudah mengetahui dari BPS yang terkait dalam pertumbuhan ekonomi kuartal kedua. Pada ekspor yang sangat terganggu karena masalah produk mineral, ini yang diungkapkan saat ditemui di Mall Mangga Dua, Kamis (14-08-2014).

Chairul Tanjung menilai akan ada suatu perubahan karena telah selesainya proses renegosiasi yang memiliki sejumlah Kontrak Karya. Yang terkait dengan ini merupakan salah satunya adalah beberapa kesepakatan baru dengan PT. Freeport.

Pada konteks freeport dan masalah lain maka ekspor akan meningkatkan suatu perkiraan sebesar USD 5 sampai USD 6 miliar yang akan masuk dalam penambahan trade ballance kita. Dengan begitu, Chairul Tanjung yang menyakini bahwa CAD akan mengalai perbaikan. Chairul tanjung sudah memprediksi bahwa CAD hingga akhir tahun akan dibawah 3%.

CT mengatakan, bahwa harpananya pada akhir tahun kondisi akan lebih baik, bahkan yang diharpkan kalau kita bisa melakukan semaksimal mungkin termasuk dalam mendorong investasi yang masuk ke Indonesia itu yang sudah kita perkirakan bisa dibawah 3%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here