Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2017, Ini Makna yang Bisa Kita Dalami!

0
492
Hari Perempuan Internasional 2017
Copyright©google

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2017, Ini Makna yang Bisa Kita Dalami!

Smeaker.com – Setiap satu tahun sekali pada tanggal 8 Maret menjadi sebuah peringatan Hari Perempuan Internasional atau Women’s Day. Pada kesempatan ini banyak pihak yang turut memperingati moment menyentuh tersebut dalam berbagai bentuk dan cara yang unik. Salah satunya yakni Google, yang turut meramaikan Hari Perempuan Internasional melalui Doodle yang dipasang dengan gambar menarik yang menunjukkan perempuan-perempuan hebat dan aktivitasnya.

Google sengaja memilih perempuan-perempuan dari masa lalu yang menjadi pelopor di berbagai bidang untuk membuka jalan dan karier bagi perempuan masa kini. Demikian mengutip dari Liputan6, Rabu (8/3/2017). Adapun gambar cantik yang ditampilkan pada mesin pencari raksasa asal Amerika Serikat itu adalah gambar gadis kecil bersama neneknya yang membacakan sebuah buku cerita. Kemudian, Google juga menampilkan slide show perempuan-perempuan hebat dari seluruh dunia.

Kembali menginformasikan bahwa Hari Perempuan Internasional  merupakan hari besar yang dirayakan seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan perempuan di bidang ekonomi, sosial, dan politik.

Hari Perempuan Internasional 2017
Copyright©google

Gagasan mengenai perayaan Hari Perempuan Internasional dikemukakan pada abad ke-20, yakni di tengah gelombang industrialisasi yang menyebabkan adanya protes tentang kondisi kerja. Di antaranya adalah protes kaum perempuan yang bekerja di pabrik pakaian pada 8 Maret 1857. Mereka protes lantaran kondisi kerja yang buruk dan gaji rendah.

Dari sinilah serikat buruh dibentuk oleh kaum perempuan dengan berbagai perjuangan yang telah dilalui mereka, dan Perserikatan Bangsa Bangsa juga turut mensponsori Hari Perempuan Internasional pada 1975.

Hal itu juga di upayakan Google Doodle dengan menyuguhkan tampilan sekitar 13 perempuan hebat yang ditampilkan karena dianggap memberi inspirasi bagi kaum perempuan. Misalnya saja jurnalis sekaligus aktivis HAM AS Ida Wells, pilot wanita pertama Mesir Lotfia El Nadi, pelukis sekaligus aktivis Meksiko Frida Kahlo.

Ini menjadi peringatan yang luar biasa mengingat betapa hebatnya perjuangan seorang perempuan yang berhasil dalam bidang ekonomi, sosial maupun politik dan bisa dikatakan juga ini merupakan emansipasi perempuan diseluruh dunia.

Baca Juga Belum Tahu? Ini 3 Trik Google Play Store yang Harus Kamu Coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here