Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy Xcover 4, Lengkap dengan IP68?

0
4872
Samsung Galaxy Xcover 4
Copyright©duniasmartphone

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy Xcover 4, Lengkap dengan IP68?

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy Xcover 4

Smeaker.com – Produsen raksasa Korea Selatan dikabarkan telah merilis smartphone terbaru. Merupakan produk yang ditunjukkan untuk konsumen khusus, perangkat yang diberi nama Galaxy Xcover 4 ini berbeda dengan sebagaian besar produk Samsung yang lain. Untuk para pecinta gadget yang gemar kegiatan outdoor maupun olahraga ekstrim, smartphone ini sangat direkomendasikan karena ponsel yang satu ini dibuat dari material-material yang tahan banting.

Samsung Galaxy Xcover 4 ini juga merupakan generasi penerus yang 2 tahun lalu telah dirilis. Smartphone yang hadir dengan nomor model SM-G390F 9 ini beberapa minggu yang lalu telah memperoleh sertifikasi Wi-Fi. Bocoran spesifikasi dari Samsung Galaxy Xcover 4 ini pun sudah muncul di situs GeekBench.

Tak heran jika ponsel ini kini tengah menjadi perbincangan hangat di antara para pecinta produk Samsung terutama mereka yang sudah lama menantikan suksesor dari Galaxy Xcover 3. Dari bocoran spesifikasi yang muncul di GeekBench tersebut bisa diketahui jika smartphone ini mendapatkan peningkatan yang lumayan signifikan dari generasi sebelumnya.

Namun, meski demikian tak menutup kemungkinan juga pada smartphone ini juga memiliki kelemahan maupun kelebihan yang perlu diketahui. Namun, sebelumnyan simak terlebih dulu mengenai spesifikasinya seperti pada kalimat dibawah berikut.

Smartphone ini akan menyasar pada segmen jkelas menengah, dan dibekali dengan lebih menarik dan tangguh dari pendahulunya. Selain itu, dihadirkan pula komponen-komponen unggulan di segmennya pada spesifikasi yang dibawanya.

Sejauh ini nama Samsung memang telah dikenal sebagai vendor yang mendominasi dengan jajaran produk yang berkualitas. Tak hanya itu saja, Samsung juga selalu menghadirkan perangkat terbaru yang selalu menunjang fitur-fitur keren. Maka tak heran jika pada perangkat kali ini Samsung juga menyusun kedalam spesifikasi yang up to date.

Semisal saja pada smartphone ini, Samsung juga telah melengkapi dengan jaringan 4G LTE, seperti pada smartphone lainnya yang telah mendukung layanan tersebut. Karena, dengan adanya koneksi 4G LTE maka akses internet akan lebih cepat dan tentunya menghemat waktu.

Mengenai body yang ditampilkan, flagship ini mengusung desain tak jauh berbeda dengan pendahulunya dimana bodinya dibalut dengan material tahan banting berwarna abu-abu. Dimensi daripada perangkat ini adalah 146.2 x 73.3 x 9.7 mm dan beratnya mencapai 172g. Menariknya lagi, seperti pada perangkat terbaru Samsung lainnya untuk di tahun 2017 ini yang telah dilengkapi dengan sertifikat IP68.

Samsung Galaxy Xcover 4
Copyright©duniasmartphone

Artinya, dengan keberadaan sertifikat tersebut perangkat telah mendukung fitur tahan air dan debu. Samsung Galaxy Xcover 4 ini yang telah lolos uji coba dan memiliki sertifikat tersebut. Jadi, pengguna akan tampil percaya diri dengan menggenggam smartphone ini.

Selanjutnya dilihat dari antarmuka, smartphone Samsung ini menggunakan teknologi layar IPS LCD dengan kapasitas layar sentuh serta ditambah dengan warna sebanyak 16 juta didalamnya yang turut menambah tampilan lebih cantik. Tak hanya itu, seluas 5 inci layar yang disuguhkan bakal mampu membuat pengguna nyaman ketika disibukkan dengan aktifitas bermain game maupun nonton youtube.

Kehandalan handset untuk mendukung penggunaan outdoor juga bisa ditemukan pada spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 4 di bagian permesinannya. Sebagai smartphone mid-range, komponen-komponen dapur pacu yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari chipset Exynos yang digunakan sebagai bagian utama pemrosesan. Chipset yang tersemat pada phablet ini menghadirkan prosesor berinti empat (Quad-core) dengan kecepatan 1.4 GHz sehingga performa yang dihasilkannya cukup handal.

Belum lagi RAM berkapasitas 2 GB yang memastikan aktivitas multitasking berjalan dengan lancar dan responsif. Kehadiran kartu grafis Mali-T720 pun turut mendukung performa smartphone tersebut dengan menyuguhkan tampilan game dan multimedia yang berkualitas. Dijalankannya sistem operasi Android v7.0 Nougat juga semakin melengkapi kehandalan sektor ini.

Mengusung desain tangguh untuk aktivitas outdoor, spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 4 ternyata dibekali dengan dua buah kamera dengan resolusi yang cukup bagus pada lini fotografinya sehingga mendukung kebutuhan dokumentasi berkualitas di luar ruangan. Pada bagian punggungnya bisa dijumpai kamera utama beresolusi 13 MP yang memastikan jepretan foto yang jernih dan tajam. Sedangkan di bagian depannya, Samsung Galaxy Xcover 4 ini disemati pula kamera beresolusi 5 MP yang cukup mumpuni untuk berfoto selfie dan akses video call.

Samsung Galaxy Xcover 4 di suplai dengan baterai Li-Ion 2800 mAh battery yang awet dalam kegunaan sehari-hari. Sayangnya, smartphone ini tidak didukung dengan fitur fast charging yang siap membantu dalam pengisian baterai lebih cepat dan efisien. Satu pilihan warna yang didapatkan apabila Anda menginginkan produk ini dalam gengaman yakni Gray.

Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 4

NETWORK

LAUNCH

Technology GSM / HSPA /LTE
Announced 2017, March
Status Coming soon. Exp. release 2017, April
BODY Dimensions 146.2 x 73.3 x 9.7 mm (5.76 x 2.89 x 0.38 in)
Weight 172 g (6.07 oz)
SIM Dual SIM

– IP68 certified – dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes
– MIL-STD-810G certified

DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches (~64.3% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
PLATFORM OS Android OS, v7.0 (Nougat)
CPU Quad-core 1.4 GHz
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/1.9, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected]
Secondary 5 MP, f/2.2
SOUND Alert Type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm Jack Yes

– Active noise cancellation with dedicated mic

COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC Yes
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0
FEATURES Sensors Accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No

– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer

BATTERY Li-Ion 2800 mAh battery
MISC Colors Gray

Kelebihan Samsung Galaxy Xcover 4

  • Desain premium dan lebih stylish dengan balutan bodi berbahan metal.
  • Lengkap dengan jaringan 4G LTE untuk akses kedalam internet agar lebih cepat.
  • Menggunakan sistem operasi terbaru, Android Nougat yang memberikan berbagi fitur lebih beragam dan menarik.
  • Telah lulus uji coba dan memiliki sertifikat IP68, yang artinya lengkap dengan fitur tahan air dan debu.
  • Ditangguh dengan kapasitas RAM 2 GB untuk kinerja yang optimal.
  • Kamera utama dengan lensa beresolusi 13 MP yang bakal memberikan hasil tangkapan hebat dan tajam.
  • Pada kamera sekunder, membawa kapasitas 5 MP untuk aksi selfi yang tak kalah menarik.
  • Disuplai baterai berjenis Li-Ion 2800 mAh.

Kelemahan Samsung Galaxy Xcover 4

  • Layar tidak dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass.
  • Tidak mengusung sensor Fingerprint.
  • Untuk kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash.
  • Model baterai tertanam, menyatu dengan perangkat atau Non-removable.

Harga Samsung Galaxy Xcover 4

  • Terbaru : Rp 5.000.000,-
  • Bekas : –

Diperkirakan saja, untuk satu buah smartphone Samsung Galaxy Xcover 4 ini akan dipatok harga antara Rp. 5 jutaan. Hal ini mengingat spesifikasi yang dibawa cukup mumpuni sekali sementara itu, informasi mengenai harga pasti sendiri belum beredar.

Baca Juga Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 4, Boyong Sertifikat IP68 Android Nougat Seluas 5 Inci!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here