FB Punya Tool Spesial Untuk Pencegah Bunuh Diri Lho!

0
398
Facebook
Copyright©android-indonesia

FB Punya Tool Spesial Untuk Pencegah Bunuh Diri Lho!

Smeaker.comFacebook memang jejaring sosial yang memberikan banyak manfaat. Sebelumnya telah banyak layanan yang ditambahkan pada aplikasi ini, salah satunya yakni Tool yang sudah mulai tampak diperkenalkan. Hal ini seperti beberapa kali terjadi, pengguna jejaring tersebut melontarkan aksi bunuh diri mereka.

Ancaman bunuh diri yang dilakukan itu lalu disiarkan langsung melalui tayangan Facebook Live. Oleh karena itu, pengelola jejaring sosial tersebut memperkenalkan fitur terbaru pecan ini. Tool merupakan fitur baru untuk mencegah terulangnya kejadian serupa.

Adapun Tool sendiri yang dimaksud adalah berupa program kecerdasan  buatan (Artificial Intelligence, Al). Tool bertugas untuk menelusuri posting dari para pengguna Facebook untuk menemukan gejala bunuh diri yang ditimbulkan. Sebagai contoh saja, komentar bernada khawatir dari teman si pengguna. Sehingga, apa yang telah ditemukan Al tersebut kemudian dilaporkan pada Facebook.

Selanjutnya, pihak Facebook akan berupaya menghubungi pengguna dengan ciri-ciri yang telah menunjukkan adanya gejala bunuh diri tersebut. Selebihnya juga termasuk dengan menampilkan layar yang berisi informasi layanan konsultasi.

Facebook
Copyright©android-indonesia

Sebagai informasi, AL baru ini tengah diuji coba di kalangan user Facebook di Amerika Serikat, dan ternyata hasilnya lebih akurat dibandingkan dengan laporan dari sesaman pengguna. Demikian yang telah di sampaikan oleh Vanessa Callison-Burchold selaku Product Manager Facebook.

Kemungkinannya lebih besar bagi Facbeook untuk mengirim sumber daya (pencegah bunuh diri) ke orang-orang yang dilaporkan oleh AI, ketimbang yang dilaporkan oleh pengguna,” ujar Callison-Burchold, sebagaimana mengutip dari KompasTekno dari Buzzfeed, Jumat (3/3/2017).

Sebelumnya, Facebook hanya mengandalkan laporan dari sesama pengguna untuk mengidentifikasi orang yang kiranya berniat mengakhiri hidup. Laporan-laporan dari pengguna ini juga digunakan untuk “melatih” algoritma AI agar lebih cakap dalam mengendus aneka gejala bunuh diri yang mungkin timbul.

Menariknya, tak hanya Al saja yang Facebook luncurkan. Namun, terdapat beberapa Tool lain yang akan ditambahkan dengan tujuan yang sama termasuk layanan chatting dengan organisasi-organisasi pencegahan bunuh diri via Messager.

Baca Juga FB Sematkan Fitur Penghemat Kuota Internet di Aplikasi Facebook Messenger !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here