Harga BBM Negara lain Lebih Mahal Sesuai Kualitasnya

0
994
Harga BBM Negara lain Lebih Mahal Sesuai Kualitasnya

Smeaker.com – Sekarang banyak dipermasalahkan tentang harga BBM yang semakin melonjak tinggi, apalagi sekarang BBM subsidi akan di hapuskan untuk wilayah tertentu dan terutama pada kendaraan pejabat. Saat ini Komite Penghapusan Bensin Betimbal (KPBB) mulai mempertanyakan, apakah harga Bahan Bakar Minyak atau biasa disebut dengan BBM di Indonesia merupakan harga paling murah didunia? Karena, selama ini BBM subsidi di Indonesia yang emiliki harga lebih rendah dibanding dengan harga BBM di negara lain.

Ahmad Safriudin selaku Direktur Eksekutif KPBB mengatakan, bahwa harga jual BBM di negar lain lebih mahal, karena BBM disana memiliki kualitas yang lebih tinggi. Dari riset Ahmad, di Amera Serikat harga besin sudah di patok USD 3.9 per USG atau 98 cent per liter, atau setara dengan Rp 10.750 per liter. Info pada, Selasa 12-08-2014.

Ahmad juga mengatakan bahwa harga USD 3.9 per USG memiliki kualitas BBM berkategori 4, atau menggerkkan kendaraan berstandart Euro 5 yang berdasarkan standart WWFC atau BBM yang sudah ditetapkan oleh Asosiasi Industri Mobil dan Industri Minyak Sedunia.nah ! sementara itu premium di Indonesia dibandrol Rp 6.500 per liter yang kualitasnya tidak masuk kategori satupun standart WWFC.

Selama ini untuk menetapkan harga BBM bersubsidi yang menggunakan acuan Mid Oil Plats Singapore ( MOPS), pada hal ini merupakan rata-rata yang menurut MOPSdditambah dengan alpha yang sebagai profit bagi pertamina.

Saat ini harga crudeoil dunia pada level USD108 per BBL, dan pada harga bensin menurut MOPS adalah Rp 8.75 per liter. Bensin dengan kualitas RON 92 dengan kadar benzene maks 2.5%, kadar Aromatic maks 40%, kadar Olefin maks 20% dan pada kadar belerang maks 500 ppm atau seperti Pertamax. Pada harga bensin di atas yang tidak fair jika tea digunakan sebagai suatu acuan sebagai penetapan harga premiun berkualitas lebih rendah. Permasalahan ini semakin menjadi bila ada perbedaan harga, maka banyak masyarakat yang sedikit mengeluh tentang kenaikan atau di hapusnya BBM bersubsidi. BBM sangat penting bagi kebutuhan hidup semua orang, jadi pemerintah lebih pintar untuk memberikan kebijakan sesuai kualitas BBM tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here