Kelebihan dan Kelemahan NOKIA 5, Kepoin Berikut!

0
11678
NOKIA 5
Copyright©duchuyshop

Kelebihan dan Kelemahan NOKIA 5, Kepoin Berikut!

Kelebihan dan Kelemahan NOKIA 5

Smeaker.com – Brand smartphone yang satu ini terlihat telah bangkit kembali di dunia smartphone, yang membawa nuansa terbaru pada hasil produksinya. Sebut saja mereka NOKIA yang saat ini berada di bawah tangan HMD Global. Setelah absen sejak di tahun 2014 lalu, keberadaannya mulai tenggelam dimata masyarakat. Vendor asal Finlandia itu tak terlihat lagi dengan meluncurkan perangkatnya yang dulu sempat menjadi produk yang cukup laris dan menjadi pilihan.

Namun di tahun 2016 kemarin, keberadaannya mulai terlihat kembali yang diketahui dari banyaknya kabar mengenai hasil karya cipta mereka yang terbaru yakni pada NOKIA 6. Android pertama NOKIA tersebut dirancang dengan mengusung spesifikasi gahar. Perangkat dengan seri 6 itu pertama dikenalkan di Tiongkok yang ternyata juga mendapat respon positive dari bukti hasil penjualan yang laris dalam hitungan menit.

Menciptakan perangkat Android adalah upaya perusahaan untuk mendapatklan perhatian kembali pada konsumen, pasalnya di zaman yang sekarang ini hampir semua smartphone Android yang menjadi pilihan utama masyarakat. Hingga akhirnya, usai nerilis NOKIA 6 kini perusahaan juga merancang seri terbaru yakni NOKIA 5 yang akan dibahas spesifikasinya secara lengkap pada artikel ini.

NOKIA 5 memiliki konektivitas lengkap seperti jaringan 4G LTE yang berguna sekali dalam mengakses internet agar lebih cepat. Hal ini serupa dengan smartphone-smartphone masa kini, dan smartphone NOKIA ini juga mendukung keberadaan SIM ganda yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna bila menginginkan dua nomor berbeda dalam satu perangkat.

Desain yang dibawa tak jauh berbeda dengan pendahulunya yakni NOKIA 6, dengan dimensi 149.7 x 72.5 x 8 mm beratnya belum diketahui. Kemudian, urusan tampilan smartphone terbaru HMD Global ini mengusung teknologi layar IPS LCD dengan kapasitas layar sentuh yang dibubuhi dengan warna sebanyak 16 uta didalamnya. Pengguna bakal dimanjakan dengan nyamannya bermain game ataupun nonton youtube karena antarmuka membawa bentangan layar 5.2 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Terlebih lagi, layar tersebut masih dilapisi dengan Corning Gorilla Glass sebagai perlindungan.

Menariknya lagi, HMD Global juga menyusun NOKIA 5 ini kedalam versi terbaru dengan operasi sistem Android Nougat yang diakui memiliki fitur-fitur menarik, beragam dan lebih up to date. Untuk menunjang kinerjanya, NOKIA 5 juga dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang dipadukan dengan prosesor Quad Core dengan kekuatan hingga 1.4 GHz. Lalu, persoalan grafis tak dipemasalahkan lagi karena dipercayakan pada GPU Andreno 505.

NOKIA 5
Copyright©duchuyshop

Dalam mengimbangi kinerja yang tangguh, adanya bekalan chip tersebut masih disokong dengan kapasitas RAM 2 GB. Selebihnya mengenai penyimpanan pada smartphone ini dilengkapi dengan memori internal yang bisa menampung multitasking pengguna hingga 16 GB. Lalu, jika dirasa dengan kapasitas internal tersebut masih kurang, pengguna juga masih bisa memperluasnya dengan menyelipkan slot microSD hingga kapasitas besar yakni 256 GB.

Selanjutnya membahas pada sektor fotografinya, NOKIA 5 nyatanya dibekali juga dengan lensa yang menarik. Pada sisi kamera utama dibekali dengan lensa 13 MP yang bakal memanjakan pengguna dengan hasil gambar yang cukup tajam. Lain dari itu, untuk kegiatan selfie juga bakal dibuat asyik dengan resolusi pada kamera sekunder 8 MP. Sehingga selfie maupun gruvi juga akan mengesankan dengan hasil yang diberikan nantinya.

NOKIA 5 juga dilengkapi dengan fingerprint atau sering disebut dengan sensor sidik jari. Sensor ini memberikan dukungan keamanan pada perangkat yang cukup baik. Karena, dengan fingerprint ini hanya pengguna yang bisa membuka perangkat dengan menempelkan jemari pada lubang yang telah disediakan. Nah, ini tentu menjadi salah satu kelebihan pada smartphone ini. Terlebih lagi jika biasanya memiliki teman yang usil sehingga tak bisa lagi bertingkah jahil pada perangkat milik pengguna.

Smartphone ini disuplai dengan baterai yang sudah berjenis Li-Ion dengan besar kekuatan hingga 3000 mAh, sehingga akan lebih awet dalam penggunaan sehari-hari. Sayangnya model baterai yang disematkan adalah Non-removable yang artinya menyatu dengan perangkat dan tak bisa dilepas. Mungkin ini yang sedikit merepotkan apabila perangkat mengalami eror.

Seperti yang telah disiratkan diatas, bahwa smartphone ini resmi dirilis pada kuartal kedua tahun 2017. Atau dengan kata lain pada bulan Februari ini. Membawa kedalam varian warna seperti Tempered Blue, Silver, Matte Black, Copper yang merupakan kombinasi warna cantik. Namun untuk saat ini NOKIA 5 masih membawa status Coming Soon. Itu artinya belum beredar secara global dipasaran. Untuk itu, kita tunggu saja.

Review Spesifikasi NOKIA 5

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced February, 2017
Status Coming Soon, Exp. release 2017, Q2
BODY Dimension 149.7 x 72.5 x 8 mm (5.89 x 2.85 x 0.31 in)
Weight
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Types IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.2 inches (~68.7% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass (unspecified version)
PLATFORM OS Android OS, v7.1.1 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Andreno 505
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features 1/3″ sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Video [email protected]
Secondary 8 MP, f/2.0, 1.12 µm pixel size
SOUND Alert Types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm Jack Yes

– Active noise cancellation with dedicated mic

COMMS WLAN Yes
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No

– MP4/H.264 player

– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player

– Photo/video editor

– Document viewer

BATTERY Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
MISC Colors Tempered Blue, Silver, Matte Black, Copper

Kelebihan NOKIA 5

  • Mengusung tampilan premium dengan balutan bodi berbahan metal yang mengesankan smartphone ini terlihat stylish.
  • Membawa konsep layar melengkung 2.5D yang terlihat menawan.
  • Layar seluas 5.2 inci yang sangat nyaman digunakan baik untuk bermain game maupun nonton youtube.
  • Teknologi panel layar IPS LCD yang menawarkan tampilan layar bening dengan sudut pandang luas.
  • Menariknya lagi layarnya juga sudah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass.
  • Koneksi internetnya sudah disuport 4G LTE untuk browsing internet cepat.
  • Sudah dilengkapi dengan kemampuan Dual SIM yang dapat diaktifkan bersamaan.
  • Menjalankan OS Android 7.0 Nougat yang menawarkan tampilan lebih fress.
  • Tawarkan kinerja mantab dengan dukungan prosesor Snapdragon 430, Octa-core 1,4 GHz.
  • Masih didukung dengan RAM 2 GB untuk kinerja komputasi lebih responsive.
  • Maksimalin kegiatan selfie kamu dengan kamera depan 8 MP.
  • Mampu mengabadikan momen-momen berharga kamu dengan kamera utama 13 MP + PDAF dan LED Flash.
  • Sudah dilengkapi dengan fast charging untuk pengisian baterai cepat.

Kelemahan NOKIA 5

  • Tidak dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu.
  • Tidak dilengkapi dengan Fingerprint.
  • Baterainya bersifat Non-Removable aias tidak bisa dilepas, sehingga akan cukup riskan ketika terjadi benturan ataupun goresan menimpa smartphone ini.

Harga NOKIA 5

  • Terbaru : Rp. 3.000.000,-
  • Bekas : –

Berdasarkan informasi yang beredar, diperkirakan untuk harga pada produk yang ditawarkan membawa kisaran harga antara Rp. 3 jutaan. Harga tersebut masih menjadi rumor yang belum jelas adanya, kemungkinan bisa lebih mahal ataupun bisa lebih murah.

Baca Juga Smartphone Nokia Android Bakal Usung Spesifikasi Tangguh, Dipacu Snapdragon 820 dan Bekalan Kamera Zeiss ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here