Harga dan Spesifikasi Nokia 3, Android Nougat Seluas 5 Inci Berlapis Corning Gorilla Glass Resmi di Rilis!

0
15427
Nokia 3
Copyright©cnet

Harga dan Spesifikasi Nokia 3, Android Nougat Seluas 5 Inci Berlapis Corning Gorilla Glass Resmi di Rilis!

Harga dan Spesifikasi Nokia 3

Smeaker.com –  Lama tak terlihat semenjak absen di tahun 2014, kini Nokia kembali tampak di jagat smartphone. Merek tersebut saat ini telah berada dibawah naungan HMD Global yang mulai memperlihatkan kebangkitannya dengan produk terbarunya.

Diketahui, dahulunya Nokia merupakan perusahaan penghasil ponsel genggam biasa dan memulai dengan banyak seri Lumia. Selain itu, brand ini sempat melejit laris dan bahkan menjadi favorit pengguna karena mayoritas pengguna menggenggam Nokia.

Akan tetapi berbeda dalam kabar kali ini, yang seperti informasi sebelumnya bahwa vendor asal mulanya dari Finlandia ini mulai menyongsong kedalam nuansa terbaru. Hal ini karena banyaknya vendor lain yang telah meluncurkan perangkat Android mereka. Guna memikat hari konsumen, Nokia pun akhirnya sukses dalam mengembangkan upaya tersebut.

Terlihat dari hasil karya mereka yang telah resmi dipasarkan dibeberapa pecan lalu yakni Nokia 6. Smartphone tersebut merupakan perangkat anyar hasil dari HMD Global yang bisa dibilang untuk mengisi segmen kelas menengah atas agar seperti smartphone tangguh lainnya. Hal ini juga karena dizaman yang semakin modern kemungkinan besar untuk ponsel jadul akan lebih tenggelam.

Mendapat respon positive, terbukti dari hasil penjualan pada seri ini yang amblas dalam hitungan menit smartphone tersebut diperkenalkan di Tiongkok. Dengan kondisi baik yang diterimanya, akhirnya kini HMD Global bermaksud kembali dalam merilis perangkat generasinya yakni untuk Nokia 3 yang resmi dirilis pada quartal kedua tahun 2017.

Seperti apa Nokia 3 yang membuat banyak penasaran bakal dijelaskan pada artikel ini secara lengkap mengenai spesifikasinya. Tentunya tak kalah menarik juga dengan sebelumnya, karena smartphone ini juga didesain dengan kekuatan yang cukup tangguh.

Nokia 3 juga merupakan perangkat Android yang dibekali kedalam jaringan 4G LTE untuk membantu pengguna dalam mengakses internet agar lebih cepat. Selain itu juga mendukung keberadaan dual SIM yang mungkin diperlukan oleh pengguna apabila menginginkan dua nomor yang berbeda dalam satu perangkat. Tak disebutkan mengenai berat yang dibawa pada produk ini, akan tetapi diketahui dimensi yang dimiliki mencapai 143.4 x 71.4 x 8.5 mm.

Antarmuka pada Nokia 3 ini membawa teknologi layar LCD IPS dengan kapasitas layar sentuh, yang terlihat apik dengan ditambahkan warna sebanyak 16 juta. Pengguna bakal dimanjakan dengan kenyamanan menggunakan perangkat ini karena mengusung layar seluas 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Sehingga bermain game maupun menonton youtube akan terasa jelas dengan bidang yang cukup lebar tersebut. Terlebih dari itu, bentangan pada layar yang ditawarkan juga masih berlapis akan Corning Gorilla Glass sebagai perlindungan. Sehingga dengan proteksi tersebut perangkat akan lebih aman pada saat terkena benturan maupun goresan.

Menariknya lagi, HMD Global juga menyusun smartphone ini kedalam versi terbaru dengan operasi sistem Android Nougat yang diakui memiliki fitur-fitur menarik, beragam dan lebih up to date. Untuk menunjang kinerjanya, Nokia 3 juga dibekali dengan chipset Mediatek MT6737 yang dipadukan dengan prosesor Quad Core dengan kekuatan hingga 1.4 GHz. Lalu, persoalan grafis tak dipemasalahkan lagi karena dipercayakan pada GPU Mali-T720MP2.

Nokia 3
Copyright©cnet

Dalam mengimbangi kinerja yang tangguh, adanya bekalan chip tersebut masih disokong dengan kapasitas RAM 2 GB. Selebihnya mengenai penyimpanan pada smartphone ini dilengkapi dengan memori internal yang bisa menampung multitasking pengguna hingga 16 GB. Lalu, jika dirasa dengan kapasitas internal tersebut masih kurang, pengguna juga masih bisa memperluasnya dengan menyelipkan slot microSD hingga kapasitas besar yakni 256 GB.

Selanjutnya membahas pada sektor fotografinya, Nokia 3 nyatanya dibekali juga dengan lensa yang menarik. Pada sisi kamera utama dibekali dengan lensa 8 MP yang bakal memanjakan pengguna dengan hasil gambar yang cukup tajam. Lain dari itu, untuk kegiatan selfie juga bakal dibuat asyik dengan resolusi pada kamera sekunder yang serupa dengan kamera belakang tersebut yakni 8 MP. Sehingga selfie maupun gruvi juga akan mengesankan dengan hasil yang diberikan nantinya.

Adanya video juga turut mengisi pada sektor ini, dan komponen lainnya juga membawa fitur seperti WiFi, HotSpot, Bluetooth, USB, dukungan GPS yang sangat berguna, Radio FM, NFC dan masih banyak lagi.

Nokia 3 juga dilengkapi dengan fingerprint atau sering disebut dengan sensor sidik jari. Sensor ini memberikan dukungan keamanan pada perangkat yang cukup baik. Karena, dengan fingerprint ini hanya pengguna yang bisa membuka perangkat dengan menempelkan jemari pada lubang yang telah disediakan. Nah, ini tentu menjadi salah satu kelebihan pada smartphone ini. Terlebih lagi jika biasanya memiliki teman yang usil sehingga tak bisa lagi bertingkah jahil pada perangkat milik pengguna.

Smartphone ini disuplai dengan baterai yang sudah berjenis Li-Ion dengan besar kekuatan hingga 2650 mAh, sehingga akan lebih awet dalam penggunaan sehari-hari. Sayangnya model baterai yang disematkan adalah Non-removable yang artinya menyatu dengan perangkat dan tak bisa dilepas. Mungkin ini yang sedikit merepotkan apabila perangkat mengalami eror.

Seperti yang telah disiratkan diatas, bahwa smartphone ini resmi dirilis pada kuartal kedua tahun 2017. Atau dengan kata lain pada bulan Februari ini. Membawa kedalam varian warna seperti Silver White, Matte Black, Tempered Blue, Copper White yang merupakan kombinasi warna cantik. Namun untuk saat ini Nokia 3 masih membawa status Coming Soon. Itu artinya belum beredar secara global dipasaran. Untuk itu, kita tunggu saja.

Review Spesifikasi Nokia 3

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced February, 2017
Status Coming Soon, Exp. release 2017, Q2
BODY Dimension 143.4 x 71.4 x 8.5 mm (5.65 x 2.81 x 0.33 in)
Weight
SIM Single SIM or Dual SIM
DISPLAY Types IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.0 inches (~67.3% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass (unspecified version)
PLATFORM OS Android OS, v7.0 (Nougat)
Chipset Mediatek MT6737
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T720MP2
MEMORY Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
CAMERA Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Features 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus
Video Yes
Secondary 8 MP, f/2.0, autofocus
SOUND Alert Types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm Jack Yes
COMMS WLAN Yes
Bluetooth Yes
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No

– MP4/H.264 player

– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player

– Photo/video editor

– Document viewer

BATTERY Non-removable Li-Ion 2650 mAh battery
MISC Colors Silver White, Matte Black, Tempered Blue, Copper White

Harga Nokia 3

  • Terbaru : Rp. 2.000.000,-
  • Bekas : –

Berdasarkan informasi yang beredar, diperkirakan untuk harga pada produk yang ditawarkan membawa kisaran harga antara Rp. 2 jutaan. Harga tersebut masih menjadi rumor yang belum jelas adanya, kemungkinan bisa lebih mahal ataupun bisa lebih murah.

Baca Juga Daftar Harga HP Nokia Android Terbaru Februari 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here