Hindari Terjebak Banjir Jakarta, Begini Cara Pantau dan Laporkan Kondisi via PetaBencana!

0
493
petabencana
Copyright©liputan6

Hindari Terjebak Banjir Jakarta, Begini Cara Pantau dan Laporkan Kondisi via PetaBencana!

Smeaker.com – Banjir Memang menjadi salah satu fenomena alam yang sering terjadi di berbagai daerah, tak jarang di musim tersebut banjir menggenangi rumah rumah warga. Nah hal yang paling baru saat ini adalah musibah Banjir Jakarta yang kini seakan menjadi salah satu topik terhangat mulai kemarin.

Pada hakikatnya Banjir Jakarta ini sudah lumrah terjadi dan seakan sudah menjadi kebiasaan warga Jakarta untuk menerima kenyataan bahwa memang Ibukota Indonesia tersebut memnag harus direndam air. Nah, berbagai hal tentunya sudah dipersiapkan dong demi menyambut datangnya musibah Banjir Jakarta ini, salah satunya yakni memantau sekaligus melaporkan banjir via PetaBencana.

Apa itu PetaBencana.id ? ialah sebuah laman yang mana menghimpun berbagai informasi yang cukup akurat dengan menampilkan berbagai titik yag sedang terkena Banjir Jakarta tersebut, selin itu Peta Bencana juga berfungsi menerima laporan Banjir Jakarta yang diunggah oleh pengguna, sehingga nantinya akan sangat bermanfaat bagi pengguna lainnya.

Dalam prakteknya, jika kalian membuka laman PetaBencana maka kalian akan menemukan tetesan air warna biru muda sebagao tanda bahwa daerah tersebut kini sedang dilanda banjir, sementara itu jika kalian ingin melaporkan daerah yang sedang terkena Banjir Jakarta, maka caranya yakni menggunakan jejaring sosial Twitter, aplikasi pesan Telegram, dan aplikasi-aplikasi lokal seperti Qlue, PasangMata, dan Z-Alert.

Dalam pelaporan melalui Twitter bias dilakukan dengan mencuitkan tagar #banjir dan sekaligus mention @petabencana, setelah itu maka admin akun @petabencana nantinya bakal mengirimkan tautan dimana tempat kamu bias meaporkan banjir.

Setelah tautan dikirim, maka nantinya kamu akan bias memilih lokasi yang sedang dilanda banjir atau genangan air melalui peta yang sudah terkoneksi dengan aplikasi.

Lapor Twitter
Copyright©liputan6

Selain titik yang dilaporkan, kamu juga bisa melaporkan sebera tinggi genangan di daerah tersebut, kemudian nantinya usai pelaporan kamu akan amelihat bagaimana nanti di petabencana akan menampilkan percikan sebagai tanda bahwa daerah tersebut sedang terkena bencana banjir.

Pesan Banjir
Copyright©liputan6

Bagaimana, mudah bukan, oleh karenanya selalu berbagi informasi soal Banjir Jakarta ini ya kawan, semakin banyak informasi yang diunggah p0astinya akan sangat berfungsi bagi orang banyak.

Baca Juga : Google Umumkan Akan Hapus Iklan 30 Detik di YouTube yang Tak Bisa Di-Skip Mulai Tahun Depan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here